Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Program HOME, SMF Guyur PNM Rp 2 Trilun

Kompas.com - 02/09/2021, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF resmi memberikan fasilitas pembiayaan Program HOME kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/9/2021), jumlah fasilitas pembiayaan bagi program HOME tersebut diberikan sebesar Rp 2 triliun.

Home sendiri merupakan Program Pembiayaan Mikro Perumahan bagi nasabah PNM Mekaar, yang telah diluncurkan bulan Juni lalu.

Baca juga: SMF Biayai Renovasi Rumah dan Tempat Usaha Nasabah PMN Melalui Program HOME

Pemberian dukungan dana ini merupakan kolaborasi lanjutan antara SMF dan PNM untuk mendukung akselerasi pelaksanaan Program HOME.

Fasilitas pembiayaan yang diberikan merupakan upaya mengakselerasi peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan.

Program HOME ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin mendapatkan akses pembiayaan perumahan dan tempat usaha.

Hadirnya program HOME ini untuk memberikan akses yang lebih besar bagi masyarakat untuk memperoleh hunian layak dan terjangkau.

Direktur Utama PT SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan komitmennya dalam membantu masyarakat kecil dalam memperoleh haknya untuk mendapatkan pembiayaan perumahan.

"Rumah tersebut tak hanya bisa menjadi tempat tinggal, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha," ujarnya. 

Sebagai informasi, Mekaar merupakan program pembiayaan untuk pelaku usaha ultra mikro yang telah diluncurkan PNM sejak tahun 2015 lalu.

Target nasabah Mekaar adalah kaum perempuan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha. Namun karena terbatasnya modal menjadikan keterampilan berusaha mereka tidak terpakai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com