Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benahi 18 Rumah Kumuh di Kepulauan Riau, SMF Kucurkan Rp 1,7 Miliar

Kompas.com - 27/08/2021, 13:45 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, Kompas.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR, kembali melakukan pembenahan rumah kumuh terhadap 18 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tajungpinang, Kepulauan Riau.

Sinergi yang merupakan realisasi dari penugasan khusus Kementerian Keuangan kepada SMF  ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Kolaborasi Penanganan Rumah Tidak Layak Huni Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Direktur SMF Trisnadi Yulrisman mengatakan, kolaborasi tersebut merupakan wujud dari komitmen Perseroan dalam mendukung Program Pemerintah untuk merealisasikan permukiman perkotaan layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Baca juga: Dengan Program Kotaku, Kampung Tua Pontianak Tak Lagi Kumuh

Caranya, dengan meningkatkan akses terhadap perumahan dan pelayanan di permukiman kumuh perkotaan.

Trisnadi berharap, program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ketersediaan hunian yang layak, serta menciptakan lingkungan rumah yang sehat.

"Kami juga melihat pentingnya membangun sistem yang terpadu untuk penanganan permukiman kumuh bersinergi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat,“ ujar Trisnadi dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8/2021).

Tanjungpinang menjadi kota ke-2 pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh SMF tahun 2021 ini, dan menjadi kota ke-9 Program Kotaku yakni peningkatan kualitas RTLH menjadi RLH.

Pembangunan rumah di daerah kumuh tersebut nantinya akan menggunakan dana Bina Lingkungan (BL) SMF yang akan disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang kemudian dimanfaatkan untuk membenahi RTLH Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang telah disurvey sebelumnya.

Baca juga: SMF Gelar Griya Virtual Expo Selama Sebulan, Catat Tanggalnya

Adapun program SMF ini akan mengalirkan bantuan senilai Rp 1,7 miliar untuk membenahi 18 rumah di Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Kepulaua Riau.

Kampung pemukiman nelayan telah ditetapkan sebagai salah satu lokasi dari 13 pemukiman kumuh di Kota Tanjungpinang sejak tahun 2019.

Rencananya di daerah dengan luas wilayah mencapai 36,89 hektar dengan luas pemukiman 7,14 hektar tersebut akan dilakukan pembenahan pemukiman kumuh yang dipadati oleh 1.423 jiwa yang sebagian besar merupakan nelayan.

Penanganan permukiman kumuh di Kampung Bugis, memiliki tantangan yang cukup berat karena pembenahan dilakukan pada pemukiman warga yang dibangun di atas permukaan laut.

Hal tersebut tentunya membutuhkan perancanaan yang baik dan pengelolaan serta pengawasan yang intensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com