Kompas.com - 26/10/2021, 16:00 WIB
Terowongan Silaturahmi siap diserahterimakan ke Kementerian Agama (Kemenag) Kementerian PUPR Terowongan Silaturahmi siap diserahterimakan ke Kementerian Agama (Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan konstruksi Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan area parkir di basement Masjid Istiqlal dengan halaman Gereja Katedral Jakarta.

Terowongan ini memungkinkan area parkir basement di Masjid Istiqlal bisa digunakan bersama dengan umat Khatolik di Gereja Katedral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penghubung antara dua rumah ibadah ini secara teknis bisa saja menggunakan jembatan penyeberangan. Hanya, karena faktor keamanan maka dipilihlah terowongan bawah tanah. 

"Karena faktor keamanan dan keselamatan desain yang dipilih adalah terowongan bawah tanah," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021). 

Baca juga: Terowongan Silaturahmi Rampung, Dua Cagar Budaya Dipastikan Aman

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan dibangunnya Terowongan Silahturahmi merupakan contoh kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Alhamdulillah konstruksinya sudah selesai dan akan segera kita serahkan ke Kementerian Agama agar bisa secepatnya dimanfaatkan," kata Diana.

Terowongan Silaturahmi dalam waktu dekat akan diserahterimakan Kementerian PUPR Terowongan Silaturahmi dalam waktu dekat akan diserahterimakan

Selain itu, Diana menjelaskan Terowongan Silaturahmi merupakan ide Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan pada Februari 2020.

"Jadi qaktu itu Bapak Presiden berdiri di Plaza Al-Alfatah dan melihat ada asa yang bisa dihubungkan antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Di sinilah Terowongan Silaturahmi Terwujud," jelasnya. 

Diana menyebutkan bangunan Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal ini sudah sangat tua dan merupakan cagar budaya. Karenanya pengembangan konstruksi yang dibangun harus dipastikan aman. 

Terowongan Silaturahmi tersambung dengan basement parkir lantai 1 di Masjid Istiqlal yang dapat menampung 500 unit mobil.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.