Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2021, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Batu merupakan salah satu material yang sering digunakan untuk menjadi fasad pada sebuah rumah modern minimalis.

Selain memberikan tampilan unik pada hunian, penggunaan material batu juga memberian sentuhan alami meski hunian Anda berada di tengah kota.

Meskipun fasad batu terlihat bagus saat pertama kali dipasang, namun seiring berjalannya waktu kondisinya bisa berubah bila tidak dirawat dengan tepat.

Faktor lingkungan, cuaca, dan masalah yang disebabkan oleh manusia dapat dengan cepat menyebabkan permukaan batu ternoda, pecah atau berkarat. Pastikan hal ini tidak terjadi pada fasad bangunan Anda.

Baca juga: Cara Efektif Bersihkan Fasad Rumah Modern Minimalis, Ikuti Metode Ini

Berikut langkah-langkah perawatan fasad batu di dinding eksterior rumah Anda seperti dikutip dari Clean and Polish: 

1. Rutin periksa fasad bangunan

Pemeriksaan rutin terhadap kondisi fasad bangunan Anda sangat diperlukan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah kerusakan yang terjadi di permukaan saja atau sampai ke dalam.

Jika kerusakan serius terjadi pada fasad rumah, mungkin perlu dilakukan perbaikan oleh mereka yang ahli.

2. Menyusun rencana permbersihan

Rencana pembersihan harus disusun secara sesuai berdasarkan tingkat kerusakan dan jenis batu yang Anda gunakan pada area fasad. Metode pembersihan juga perlu dipilih.

Misalnya, beberapa jenis batu sangat sensitif terhadap cairan pembersih asam. Sangat penting untuk mengetahui jenis pembersih yang tepat untuk digunakan agar fasad tidak rusak.

3. Merestorasi batu yang rusak

Beberapa batu mungkin perlu direstorasi dengan penggosokan dan pemolesan agar fasad bangunan Anda kembali terlihat seperti yang diinginkan.

Mintalah bantuan profesional untu melakukan hal ini.

4. Lakukan tindakan pencegahan

Bila fasad Anda sudah terlihat bersih, langkah selanjutnya lakukan pemolesan mencegah masuknya air sehingga fasad kembali rusak. Mendempul dan menutup celah juga perlu dilakukan.

5. Jadwalkan perawatan rutin

Fasad batu pada rumah modern minimalis perlu dibersihkan secara teratur. Jadi jadwalkan perawatan secara berkala untuk menghindari perbaikan yang jauh lebih mahal.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com