Kompas.com - 22/09/2021, 18:00 WIB
Bendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRBendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melaksanakan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Percepatan pembangunan infrastruktur ini masih menjadi program prioritas dalam meningkatkan produktivitas perekonomian dan daya saing bangsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Provinsi NTB sendiri memiliki dua pulau besar yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa yang memiliki warisan budaya, kondisi alam yang melimpah, serta berpotensi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Untuk Sumbawa, pulau ini memiliki kontur berbukit dan dataran rendah yang tersebar dengan mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah petani.

Demi meningkatkan potensi pertanian di Pulau Sumbawa, Kementerian PUPR tengah membangun Bendungan Bintang Bano.

Baca juga: 61 Bendungan Dimanfaatkan untuk Peningkatan Produksi Energi Terbarukan

Bendungan multifungsi di Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat ini telah dibangun sejak tahun 2015 dan ditargetkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2021.

Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan, bendungan Bintang Bano tersebut memiliki manfaat dapat melayani 6.600 hektar daerah irigasi.

"Selain itu, dapat memberikan layanan air baku sebesar 550 liter per detik," ucap Airlangga dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Rabu (22/09/2021).

Bendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Bendungan Bintang Bano, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Di samping melayani daerah irigasi dan air baku, Bintang Bano juga memiliki potensi tenaga listrik sebesar 8,8 megawatt dan mereduksi banjir Kota Taliwang sebesar 25 persen.

Dengan adanya suplai air secara kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam.

Baca juga: Manfaat Bendungan Margatiga, Tingkatkan Intensitas Tanam hingga 200 Persen

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.