Kompas.com - 17/09/2021, 15:00 WIB
Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Dok. Kementerian PUPR.Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.


JAKARTA, KOMPAS.com - Proses konstruksi Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung masih terus berjalan dan targetnya selesai akhir 2021 mendatang.

Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik. Diproyeksikan mengairi lahan irigasi seluas 16.588 hektar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meliputi Daerah Irigasi (DI) Jabung Kiri 5.638 hektar dan DI Jabung Kanan 10.950 hektar. Sehingga penyediaan air irigasi bisa meningkatkan intensitas tanam DI Jabung hingga 200 persen.

Selain itu, Bendungan Margatiga juga bisa dimanfaatkan untuk penyediaan air baku di Lampung Timur sebesar 0,80 meter kubik per detik, reduksi banjir sebesar 83.1 meter kubik per detik, konservasi air, dan pengembangan wisata.

Baca juga: Bendungan Sadawarna Diproyeksikan Kurangi Banjir di Jabar

"Fungsi dari Bendungan Margatiga termasuk kategori multipurpose, jadi nanti ada fungsi irigasi, air baku, dan pengendali banjir," kata Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (17/9/2021).

Bendungan ini memiliki tipe bangunan kombinasi, yakni tipe bendungan beton gravity dan urugan batu dengan inti tegak.

Tingginya mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, lebar puncak 7 meter, dan luas genangan sekitar 2.313 hektar.

Bendungan Margatiga akan digunakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan air Sungai Way Sekampung khususnya di bagian hilir, dan sudah terintegrasi dengan dua bendungan lainnya.

Bendungan Way Sekampung yang baru saja diresmikan pada 2 September 2021 dan Bendungan Batutegi yang sudah selesai 2004 silam.

"Bendungan ini direncanakan selesai pada akhir tahun 2021. Dengan cepat selesainya bendungan ini, fungsi dari bendungan ini akan dapat segera dirasakan oleh masyarakat," imbuh Jarot.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Alexander Leda menambahkan, proses pekerjaan konstruksi bendungan hingga saat ini telah mencapai progres sebesar 80,83 persen.

Perlu diketahui, pembangunan Bendungan Margatiga telah dimulai sejak 20 Desember 2017 lalu. Konstruksi bendungan dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan skema kerja sama operasi (KSO) sebesar Rp 846 miliar.

Sedangkan untuk pekerjaan supervisi dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero) dan PT Wiratman dengan skema KSO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.