Kompas.com - 21/09/2021, 20:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah membentuk Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Tim tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ketua Dewan Pengarah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional yang diteken pada Juni 2021 lalu.

Mengacu Perpres tersebut, tim ini nantinya bertugas mewadahi koordinasi antara kementerian atau lembaga dengan pemerintah daerah dalam rangka penyelamatan danau.

Baca juga: 15 Danau dalam Kondisi Sakit, Alami Tekanan dan Degradasi

Penyelamatan danau ini melalui upaya mengendalikan kerusakan, menjaga, memulihkan, dan mengembalikan kondisi dan fungsi badan air danau, daerah tangkapan air, dan sempadan danau.

Dengan demikian, hal ini bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional terdiri dari tiga kelompok, meliputi Dewan Pengarah, Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional tingkat pusat dan Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional tingkat daerah.

Ketua Dewan Pengarah diemban oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Kemudian Wakil Ketua Menko Perekonomian, Ketua Harian Menteri PUPR, Wakil Ketua Harian I Menteri LHK.

Selanjutnya, Wakil Ketua Harian II Menteri PPN/Kepala Bappenas, beserta 15 pimpinan kementerian atau lembaga pemerintahan selaku anggota.

Baca juga: Tahun 2022, Pemerintah Bangun Bendungan, Situ, dan Danau Rp 11,5 Triliun

Sementara tugas dari Dewan Pengarah yakni memberikan arahan terkait pencapaian, pemantauan, evaluasi, serta pembinaan dan pengawasan strategi Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Baik itu tim di tingkat pusat maupun daerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.