Masuk Mal, Anak di Bawah 12 Tahun Harus Didampingi Dewasa yang Lolos Skrining

Kompas.com - 21/09/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi mal Thinkstock/YiuCheungIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usia di bawah 12 tahun kini telah diizinkan masuk mal atau pusat perbelanjaan dengan syarat harus didampingi orang dewasa yang lolos skrining wajib vaksinasi dan protokol kesehatan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, anak-anak ini harus terus dalam pengawasan pendamping selama berada di dalam pusat perbelanjaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diizinkannya anak-anak masuk ke mal merupakan rangkaian uji coba Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-3 Jawa Bali.

Hal ini menyusul telah diperpanjangnya PPKM di wilayah tersebut selama dua minggu yaitu mulai Selasa (21/09/2021) hingga Senin (04/10/2021).

Namun demikian, hanya ada empat wilayah yang dilakukan uji coba pelonggaran tersebut yaitu DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di Jawa-Bali, sudah tidak ada daerah dengan status level 4, melainkan hanya 2 dan 3.

Baca juga: Pengusaha Mal Minta Pelonggaran Terus Dilakukan

Meski diperpanjang, ada sejumlah perubahan aturan pada sejumlah sektor selama masa PPKM tersebut

"Pusat perbelanjaan menyambut baik setiap pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah meski dilakukan secara hati-hati, bertahap, dan terbatas," kata Alphonzus kepada Kompas.com, Selasa (21/09/2021).

Alphonzus melanjutkan, pelonggaran tersebut sangat diperlukan oleh pusat perbelanjaan agar bisa menggerakkan perekonomian melalui peningkatan tingkat kunjungan.

Menurutnya, kondisi di dalam pusat perbelanjaan sudah jauh lebih aman dan sehat dikarenakan sekarang semua orang yang memasuki fasilitas publik itu telah divaksinasi.

Ini sehubungan dengan adanya pemberlakuan protokol wajib baksinasi yang pemeriksaannya dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Sehingga, sebenarnya dapat diberikan berbagai pelonggaran berikutnya untuk pusat perbelanjaan," sambung Alphonzus.

Dengan pelonggaran tersebut, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan diharapkan akan meningkat 10 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.