Kompas.com - 09/09/2021, 16:30 WIB
Hatta Rajasa, saat ditemui di kediamannya di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (28/7/2014). KOMPAS.com/Abba GabrillinHatta Rajasa, saat ditemui di kediamannya di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (28/7/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mengatakan, jika Jalan Tol-Trans Sumatera (JTTS) dapat tersambung dari Lampung hingga Banda Aceh ini dapat memangkas waktu tempuh 55-60 jam.

Dia mengapresiasi pembangunan JTTS yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagai kontraktor yang membangun infrastruktur konektivitas itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini disampaikan Hatta dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia's Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

"Bayangkan, bila seluruh jalan tol tersambung dari Lampung sampai ke Banda Aceh, saya perkirakan, maka kita dapat menghemat waktu 55 sampai 60 jam," jelas Hatta.

Hatta mengungkapkan, masyarakat di Pulau Sumatera saat ini telah menikmati sebagian ruas JTTS. 

Baca juga: Tambahan PMN Rp 19 Triliun untuk Tol Trans-Sumatera Cair Akhir 2021

Dia sendiri sebagai putra daerah Sumatera Selatan (Sumsel) kini dapat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Palembang dengan waktu hanya 7-8 jam.

Ini tergantung dengan penyeberangan yang dilakukan. Misalnya, jika penyeberangan membutuhkan waktu 1 jam, maka dia sampai di Palembang 7,5 jam.

Sementara jika waktu tempuh penyeberangan 1,5 jam-2 jam, dia bisa sampai ke Palembang hanya dengan waktu kurang lebih 8,5 jam.

"Kalau dahulu, sebelum ada jalan tol, perjalanan dari Jakarta menuju rumah saya di Palembang lebih kurang 15 jam dengan catatan dua kali stop," tutur dia.

Pulau Sumatera diketahui sebagai penyumbang perekonomian nasional sebesar 20 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sumatera juga memiliki lokasi geografis yang strategis yang dilalui oleh jalur perdagangan laut.

Sehingga, pulau ini menjadi pintu gerbang untuk jalur perdagangan internasional bagi Indonesia.

Oleh karena itu, JTTS dicanangkan sebagai salah satu prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk meningkatkan konektivitas di pulau itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.