Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa: Tersambung Tol, Perjalanan Lampung-Aceh Hemat 60 Jam

Kompas.com - 09/09/2021, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mengatakan, jika Jalan Tol-Trans Sumatera (JTTS) dapat tersambung dari Lampung hingga Banda Aceh ini dapat memangkas waktu tempuh 55-60 jam.

Dia mengapresiasi pembangunan JTTS yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagai kontraktor yang membangun infrastruktur konektivitas itu.

Hal ini disampaikan Hatta dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia's Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

"Bayangkan, bila seluruh jalan tol tersambung dari Lampung sampai ke Banda Aceh, saya perkirakan, maka kita dapat menghemat waktu 55 sampai 60 jam," jelas Hatta.

Hatta mengungkapkan, masyarakat di Pulau Sumatera saat ini telah menikmati sebagian ruas JTTS. 

Baca juga: Tambahan PMN Rp 19 Triliun untuk Tol Trans-Sumatera Cair Akhir 2021

Dia sendiri sebagai putra daerah Sumatera Selatan (Sumsel) kini dapat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Palembang dengan waktu hanya 7-8 jam.

Ini tergantung dengan penyeberangan yang dilakukan. Misalnya, jika penyeberangan membutuhkan waktu 1 jam, maka dia sampai di Palembang 7,5 jam.

Sementara jika waktu tempuh penyeberangan 1,5 jam-2 jam, dia bisa sampai ke Palembang hanya dengan waktu kurang lebih 8,5 jam.

"Kalau dahulu, sebelum ada jalan tol, perjalanan dari Jakarta menuju rumah saya di Palembang lebih kurang 15 jam dengan catatan dua kali stop," tutur dia.

Pulau Sumatera diketahui sebagai penyumbang perekonomian nasional sebesar 20 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sumatera juga memiliki lokasi geografis yang strategis yang dilalui oleh jalur perdagangan laut.

Sehingga, pulau ini menjadi pintu gerbang untuk jalur perdagangan internasional bagi Indonesia.

Oleh karena itu, JTTS dicanangkan sebagai salah satu prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk meningkatkan konektivitas di pulau itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com