Kompas.com - 09/09/2021, 15:30 WIB
Potret Jembatan Baru Palopo-Toraja, Sulawesi Selatan Kementerian PUPRPotret Jembatan Baru Palopo-Toraja, Sulawesi Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres konstruksi jembatan baru yang menghubungkan ruas jalan Palopo-Toraja, Sulawesi Selatan memasuki tahap akhir pembangunan.

Jembatan sepanjang 100 meter dibangun secara permanen sebagai upaya pemulihan konektivitas jalan poros utama penghubung Kota Palopo dengan Kabupaten Toraja Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengingat bangunan jembatan yang lama putus akibat tergerus tanah longsor pada pertengahan 2020 lalu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan dan jembatan memiliki peran penting sebagai tulang punggung pengembangan konektivitas antar wilayah untuk memperlancar distribusi logistik di Indonesia.

"Konektivitas yang semakin lancar akan mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," kata Basuki dalam keterangan informasi di situs Kementerian PUPR.

Baca juga: Proyek Jalan Lintas Timur Kuningan Sisakan Badan Jalan dan Jembatan

Perlu diketahui, sebelumnya Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan telah membangun jembatan gantung sementara agar kendaraan roda dua bisa melintas pasca bencana tanah longsor.

Akan tetapi, karena lebar longsor sekitar 60–70 meter, Ditjen Bina Marga memutuskan untuk membangun jembatan di lokasi jalan yang putus. Sehingga, jika terjadi hujan lebat dan longsor di kemudian hari tidak sampai menutup akses jalan.

"Karena longsoran akan melewati kolong jembatan,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) II.4 BBPJN Sulawesi Selatan Wido Kharisma.

Menurut Wido, konstruksi Jembatan Palopo-Toraja memiliki panjang 100 meter dan lebar 7 meter.

Menggunakan rangka baja berteknologi Lead Rubber Bearing (LRB) dengan seismic joint yang berguna meredam guncangan saat terjadi gempa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.