Kompas.com - 09/09/2021, 15:00 WIB
Potret Jembatan Baru Palopo-Toraja, Sulawesi Selatan Kementerian PUPRPotret Jembatan Baru Palopo-Toraja, Sulawesi Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Palopo-Toraja baru, di Sulawesi Selatan, akan segera hadir. Seiring jembatan lama yang telah putus akibat tanah longsor selebar 60-70 meter pada pertengahan 2020 lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) II.4 BBPJN Sulawesi Selatan Wido Kharisma mengatakan, lokasi jembatan baru yang menghubungkan Kota Palopo dengan Kabupaten Toraja Utara ini masih sama dengan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, apabila ke depannya terjadi hujan lebat dan longsor, tidak sampai menutupi akses jalan.

"Karena longsoran akan melewati kolong jembatan," kata Wido yang dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis (9/9/2021).

Menurut Wido, Jembatan Palopo-Toraja yang baru ini dirancang sepanjang 100 meter dengan lebar 7 meter. Menggunakan rangka baja berteknologi Lead Rubber Bearing (LRB) dengan seismic joint.

Baca juga: Proyek Jalan Lintas Timur Kuningan Sisakan Badan Jalan dan Jembatan

"Berguna meredam guncangan saat terjadi gempa. Desain jembatan juga diperuntukan kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) sebesar 10 ton," tuturnya.

Selain itu, jembatan juga menggunakan cat berwarna merah dan putih untuk lapisan pelindung jembatan.

Berbeda dengan jembatan lain menggunakan lapisan galvanis dengan satu warna sebagai pelindung baja agar nilai muainya relatif seragam antar elemen baja.

Gradasi warna yang berbeda dapat mempengaruhi muai susutnya baja jembatan. Karena prinsip dasar warna gelap contohnya merah akan lebih banyak menyerap cahaya dibandingkan warna terang seperti putih. Hal itupun berpengaruh terhadap muai baja yang tidak seragam.

"Akan tetapi, karena Jembatan Palopo ini berada di pegunungan dengan kelembaban yang tinggi dan udara yang sejuk, maka tidak memengaruhi hal tersebut," terangnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.