Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Lima Tahun, Bendungan Way Sekampung Kini Siap Beroperasi

Kompas.com - 04/09/2021, 11:56 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lima tahun dibangun, Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (02/09/2021).

Alhamdulillah, Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi saat meresmikan bendungan tersebut.

Dalam meresmikan Bendungan Way Sekampung, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

Kemudian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Anggota Komisi V DPR RI Tamanuri, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, serta Bupati Pringsewu Sujadi Saddat. 

Jokowi menyebut, bendungan tersebut dibangun dengan anggaran sebesar Rp 1,78 triliun yang diklaim dapat meningkatkan intensitas tanaman padi tiga kali setahun.

Baca juga: Konstruksi Bendungan Way Sekampung Ditargetkan Rampung Akhir 2020

"Intensitas tanam juga bisa ditingkatkan dari semula dua kali setahun, menjadi tiga kali setahun," kata Jokowi.

Ini artinya, produksi pertanian serta kesejahteraan petani di daerah sekitar Bendungan Way Sekampung juga turut meningkat.

Way Sekampung merupakan salah satu dari empat bendungan yang diresmikan tahun ini sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI.

Ketiga bendungan lainnya adalah Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat yang lebih dahulu diresmikan atau tepatnya Selasa (31/08/2021).

Sementara dua bendungan lain yang siap diresmikan adalah Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, serta Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Bendungan Way Sekampung di Lampung.Dok. Kementerian PUPR. Bendungan Way Sekampung di Lampung.

Pembangunan Bendungan Way Sekampung dilakukan di bawah tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji-Sekampung.

Ada empat kontraktor yang membangun bendungan tersebut yaitu PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta PT Ashfri.

Bendungan Way Sekampung pun telah memasuki tahapan konstruksi sejak November 2016 dan peresmiannya pun ditargetkan terlaksana pada tahun 2019 agar bisa beroperasi tahun 2020.

Pembangunan bendungan bisa terlaksana lantaran telah dilakukan penandatanganan kontrak oleh pihak kontraktor, September 2016.

Baca juga: Pembangunan Bendungan Way Sekampung Tuntas Juli 2021

Kala itu, Way Sekampung dibangun bersamaan dengan tujuh bendungan lainnya. Ini terdiri dari empat bendungan di Jawa Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com