Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Syarat dan Ketentuan Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi

Kompas.com - 03/09/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama Badan Intelijen Strategis (BAIS) Mabes TNI AD menggelar vaksinasi Covid-19 secara Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi.

Vaksinasi telah dibuka pada Rabu (1/9/2021) lalu dan akan berlangsung hingga 30 September 2021. Setiap harinya, kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Jenis vaksin diberikan tersedia dua macam yakni Pfizer dan Sinovac. Namun, vaksin Pfizer hanya untuk pemilik KTP DKI Jakarta. 

Sebaliknya, bagi penduduk non-KTP DKI Jakarta yang ingin mendapatkan vaksin Pfizer, wajib membawa surat domisili DKI Jakarta yang dikeluarkan oleh pengurus RT setempat.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Digelar hingga 30 September

Koordinator Vaksinasi Drive Thru Jagorawi BAIS TNI Kolonel Inf Piter Dwi Andrianto menjelaskan masyarakat yang berminat bisa melakukan pendaftaran secara online.

“Masyarakat yang ingin divakasi bisa mendaftar secara online melalui https://serbuanvaksin24.org/jagorawi. Situs ini dibuka setiap satu hari sebelumnya sejak pukul 16.00 WIB,” ujar Piter.

Untuk memastikan protokol kesehatan tetap terjaga, mulai 4 September 2021 pendaftaran online wajib dilakukan baik untuk Vaksin Pfizer bagi kendaraan menuju Bogor maupun Vaksin Sinovac, bagi kendaraan menuju Jakarta.

“Sebelumnya yang wajib pendaftaran online hanya Vaksin Pfizer. Namun mulai 4 September 2021 seluruh peserta Vaksin Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi baik Pfizer maupun Sinovac wajib melakukan pendaftaran online,” papar Piter.

Mengenai syarat penerima vaksin di masing-masing lokasi, Piter mengatakan masyarakat wajib mengikuti ketentuan yang berlaku.

Selain itu, vaksin bagi para penyintas Covid-19 yang juga berlaku di Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi, yaitu telah sembuh minimal 3 bulan baik untuk penerima vaksin Pfizer maupun Sinovac.

Tercatat pada dua hari pelaksanaan, 1-2 September 2021, sekitar 1.200 dosis vaksin telah diberikan kepada peserta.

BAIS TNI terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui Puskesmas Cilandak dan Puskesmas Cipayung dalam mengakomodasi penambahan dosis vaksin sesuai dengan tingginya minat masyarakat.

Pada hari kedua dan hari ketiga, Vaksin Pfizer telah ditambah 400 dosis tiap harinya. Bahkan kuota pendaftaran online khusus Vaksin Pfizer habis dalam waktu kurang dari dua jam.

Corporate Secretary Jasa Marga Reza Febriano menyatakan jelang akhir pekan yang cenderung lebih ramai, Jasa Marga juga memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Kami memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol tetap terpenuhi dengan melakukan perambuan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi vaksin untuk memastikan kelancaran lalu lintas di jalan tol maupun di rest area,” pungkas Reza.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com