Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Bisnis Energi Terbarukan, Jasa Marga Gandeng Verywords

Kompas.com - 30/07/2021, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan Verywords Co. Ltd. sepakat menjalin kerja sama dan menjajaki studi perencanaan bisnis di bidang pengembangan bisnis energi baru terbarukan, stasiun pengisian kendaraan listrik, energi efisiensi dan bisnis digital.

Kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan ditandatangani oleh Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak dan CEO Verywords, Kim Sung Woo, Jumat, (30/7/2021) secara virtual.

Menurut Direktur Bisnis Komersial PT JMRB Imad Zaky Mubarak, penjajakan kerja sama ini sebagai salah satu upaya bagi perusahaan untuk turut berpartisipasi terhadap program pemerintah dalam keberlanjutan lingkungan yang sehat.

Apalagi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai induk usaha, memiliki misi “Green Toll Road” yang mencanangkan gerakan hijau (go green) dari jalan tol dan berbagai aspek di dalamnya, termasuk rest area.

Baca juga: Semester I, Laba Bersih Jasa Marga Meroket 709 Persen

“Selama ini, kami gencar melakukan program penghijauan seperti penanaman pohon, pengolahan limbah sampah, serta mendukung ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang kami kelola," jelas Mubarak dalam keterangan tertulis, Jumat, (30/7/2021).

Terlebih saat ini, pemerintah tengah melakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. 

Kajian kerja sama ini merupakan salah satu upaya PT JMRB dalam mengoptimalkan potensi lini bisnisnya seperti rest area, Toll Corridor Development (TCD), dan bisnis digital.

Bersama Verywords yang berpengalaman dalam penanganan perubahan iklim, PT JMRB berharap kerja sama ini dapat berdampak positif bagi keberlanjutan lingkungan hidup, terutama dalam aspek stabilitas ruang udara dan pemanfaatan energi terbarukan.

Sementara itu, CEO Verywords Kim Sung Woo mengatakan, di Korea Selatan, salah satu cara untuk meningkatkan minat masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik yaitu dengan meningkatkan penyediaan fasilitas SPKLU di tempat peristirahatan seperti rest area jalan tol.

Karena itulah, hal serupa juga dapat dilakukan di Indonesia yang mulai menggencarkan penggunaan kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan seperti kendaraan listrik.

“Penyediaan SPKLU menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan penggunaan kendaraan listrik dan meningkatkan penggunaan energi terbarukan,” ujar Kim Sung Woo.

“Berangkat dari tujuan yang sama mengenai upaya aktif untuk mencapai netralitas karbon di Indonesia tersebut, maka Verywords dan PT JMRB membuat perjanjian MoU ini,” tambahnya.

Selain melakukan program penghijauan dan mendukung ketersediaan SPLKU di rest area, PT JMRB juga tengah mengkaji potensi penggunaan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti teknologi panel surya di bebereapa titik rest area.

Verywords sendiri merupakan perusahaan yang bisnisnya berfokus pada jasa konsultasi perubahan iklim, produksi kendaraan listrik, implementor stasiun pengisian listrik untuk kendaraan listrik, dan pelaksana dari berbagai macam proyek pengurangan emisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com