Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Volume Lalin Turun, Jalan Tol Jasa Marga Tetap Beroperasi Sesuai SPM

Kompas.com - 12/07/2021, 20:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepekan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat penurunan volume kendaraan yang melintas di ruas jalan tol perseroan dibandingkan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal.

Tren penurunan lalu lintas kumulatif tersebut tejadi di sejumlah Gerbang Tol Utama (Barrier) yang berbatasan dengan wilayah Jabodetabek yaitu GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek (akses arah Timur), GT Cikupa Exit Jalan Tol Jakarta-Merak (akses arah barat) dan GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi (akses arah Selatan).

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan selama sepekan penerapan PPKM Darurat tercatat total penurunan volume lalu lintas yang meninggalkan Jakarta sebesar 37,91 persen.

Baca juga: ATI Desak Pemerintah Lunasi Dana Talangan Lahan Tol

Rinciannya yaitu menuju arah Timur melalui GT Cikampek Utama turun sebesar 35,41 persen dan GT Kalihurip Utama turun sebesar 43,51 persen, menuju arah Barat melalui GT Cikupa turun sebesar 30,45 persen, dan menuju arah Selatan melalui GT Ciawi turun sebesar 46,16 persen.

"Sementara tujuh hari dalam masa penerapan PPKM tercatat total penurunan volume lalu lintas yang memasuki Jakarta sebesar itu 38,54 persen," kata Heru dalam keterangan tertulis, Senin (12/07/2021).

Heru merinci untuk penurunan lalu lintas yang memasuki Jakarta dari arah Timur melalui GT Cikampek Utama turun sebesar 35,16 persen dan GT Kalihurip Utama turun sebesar 50,39 persen, dari arah Barat melalui GT Cikupa turun sebesar 31,56 persen, dan dari arah Selatan melalui GT Ciawi turun sebesar 40,59 persen.

Meski demikian, lanjut Heru, sejalan dengan fungsi strategisnya, dalam mendistribusikan orang dan barang, khususnya dalam rangka mendukung pergerakan logistik, Jasa Marga akan terus mengoperasikan jalan tol-jalan tolnya yang dikelola di Indonesia.

“Walaupun mobilitas masyarakat di masa PPKM Darurat ini cenderung menurun yang juga berdampak pada volume lalu lintas di ruas jalan tol milik Jasa Marga Group, kami tetap berkomitmen menjaga tingkat pelayanan yang sudah ditetapkan dalam SPM," ujar dia.

Heru mengimbau pengguna jalan untuk turut mendukung PPKM Darurat ini dengan tetap di rumah saja, menghindari ruang publik dan kerumunan, menerapkan pola hidup bersih dan tetap memperketat protokol kesehatan jika harus keluar rumah untuk keperluan mendesak, guna menekan penyebaran Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com