Kompas.com - 04/09/2021, 09:00 WIB
Penataan aset pulau terluar di Kepulauan Riau Kementerian ATR/BPNPenataan aset pulau terluar di Kepulauan Riau

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah berhasil melakukan penataan aset pulau terluar di Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Kantor Wilaya BPN Provinsi Kepualauan Riau Askani mengatakan bahwa dari total 22 pulau terluar yang ada, sebanyak 21 di antaranya sudah dilakukan penataan aset.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari 22 pulau terluar di Kepri sebanyak 21 pulau sudah dilaksanakan penataan asetnya dan 1 pulau yang belum dilaksanakan penataan asetnya yaitu Pulau Sentut karena masih berstatus kawasan hutan," kata Askani dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT), telah ditetapkan 111 Pulau sebagai PPKT.

Baca juga: 5.000 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Riau

PPKT memiliki fungsi yang strategis karena dengan legalisasi aset pulau-pulau ini menjadi bukti hadirnya pemerintah dalam memperjuangkan kepastian hukum.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Marlin Agustina Rudi menjelaskan legalisasi aset pulau-pulau terluar yang menjadi perbatasan negara sangat penting dilakukan.

Hal ini juga sekaligus menjadi upaya penguatan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya terima kasih kepada ATR/BPN karena telah mensertipikatkan Pulau Batu Berhanti dan Pelampong, ini suatu progres yang luar biasa dan kami siap mendukung program-program dari ATR/BPN," terang Marlin.

Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut dari Kementerian Kelautan dan Perikatan (KKP) Pamuji Lestari menambahkan, akan terus optimal dalam legalisasi aset di pulau-pulau terluar ini karena selain sebagai batas negara tapi sebagai zona ekonomi.

"Kami berharap bagaimana PPKT ini sebagai sabuk pengaman dan ekonomi bisa kita berdayakan, kami telah melakukan beberapa kegiatan di PPKT membangun ekosistem, batas-batas secara biologis, karena kita tidak ingin pulau-pulau kecil kita hilang seperti dulu," ungkapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.