Kompas.com - 22/08/2021, 11:06 WIB
PT KAI akan menganti 100 persen tiket kereta calon penumpang yang tidak memenuhi persyaratan perjalanan kereta api KAI Daop 1 JakartaPT KAI akan menganti 100 persen tiket kereta calon penumpang yang tidak memenuhi persyaratan perjalanan kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengganti tiket 100 persen bagi calon penumpang yang batal berangkat karena tidak memenuhi pesyaratan perjalanan kereta api.

Adapun proses pembatalan tiket dapat dilakukan di loket stasiun dan Contact Center 121 di nomor 021-121 paling lambat H+7.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sejak diberlakukannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali, KAI telah menerapkan sejumlah prokol ketat yang wajib dilakukan oleh para calon penumpang.

Baca juga: PPKM Jawa dan Bali Diperpanjang, Hanya 16 Kereta Dioperasikan

"Bagi pelanggan yang sudah melakukan transaksi tiket namun tidak dapat memenuhi persyaratan terkait protokol kesehatan maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen," kata Eva dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (22/08/2021).

Sejak kebijakan tersebut berlaku, KAI juga memberlakukan aturan untuk tidak memperkenankan sementara anak di bawah 12 tahun melakukan perjalanan kereta api.

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, peraturan ini diterapkan pada perjalanan kereta api jarak jauh baik dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Karawang dan Cikampek.

"Tujuannya untuk menekan angka paparan Covid-19 terhadap usia anak-anak, dan sebagai bentuk komitmen PT KAI dalam mendukung langkah Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19," tutur dia.

KAI juga menerapkan sejumlah aturan yang wajib dipenuhi oleh para penumpang yaitu:

1. Menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

2. Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk mendukung program pemerintah, PT KAI Daop 1 Jakarta juga memberikan layanan vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasarsenen yang melayani setiap hari pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, dengan persyaratan dan kriteria peserta vaksin sebagai berikut:

  1. Berusia 12 tahun ke atas
  2. Belum pernah mendapatkan vaksin Covid-19
  3. Menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau tiket kereta api jarak jauh yang berlaku
  4. Memiliki KTP (adapun NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin)
  5. Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api
  6. Calon penumpang dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,5 derajat
  7. Bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

Eva menuturkan untuk menjaga physical distancing, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas maksimal tempat duduk untuk kereta api jarak jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.