Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Rel Kereta Berusia 130 Tahun Bakal Jadi Taman Kota

Kompas.com - 09/07/2021, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan rel kereta api bekas berusia 130 tahun di Manchaster akan diubah menjadi taman linier oleh perusahaan arsitek Studio London Twelve Architects.

Jembatan rel kereta api bernama Castlefield Viaduct yang tidak terpakai lagi itu dirancang sebagai taman persis menyerupai proyek taman linier High Line New York City di Amerika Serikat.

Panjang Jembatan rel kereta api Castlefield Viaduct adalah sepanjang 330 meter. Letaknya berada di atas kanal dan diproyeksikan akan menjadi salah satu taman kota modern di Manchaster.

Baca juga: Lima Perpustakaan Umum Terbaik Dunia Tahun 2021

"Kami memilih untuk menjadikan jembatan rel kereta api bekas ini sebagia taman linier yang akan menjadi daya tarik banyak orang untuk datang," kata Direktur Pendidi Twelve Architects Matt Cartwright seperti dikutip dari Dezeen, Kamis (08/07/2021).

Jembatan Castlefiled dibangun sejak tahun 1892 oleh para insinyur Blackpool Tower. Hingga saat ini, struktur baja jembatan juga masih terbilang sangat kokoh.

Seperti namanya, jembatan terletak di Castlefield yang merupakan kawasan konservasi kota Manchester yang berisi situs kereta api penumpang pertama di dunia dan bagian dari kanal industri pertama di dunia.

Dalam proposal desain, jembatan tersebut akan dibagi menjadi tiga zona yang bertujuan sebagai akses jalan untuk para pengunjung.

Jembatan rel kereta api Castlefield Viaduct di Manchaster dezeen.com Jembatan rel kereta api Castlefield Viaduct di Manchaster
Pada zona pertama, pengunjung akan memasuki jembatan di ruang selamat datang, yang di dalamnya akan berisi food truck, tempat duduk dan sejumlah kebun.

"Ini adalah tempat orang akan datang untuk minum kopi, berjalan-jalan bersama keluarga, untuk acara komunitas," ucap Matt.

Selanjutnya, zona kedua akan menampilkan kerangka jembatan rel kereta api. Tujuannya agar pengunjung yang datang pun dapat merasakan sensasi berjalan di jembatan rel kereta.

Zona terakhir akan berfungsi ganda sebagai ruang acara dan oasis taman hijau yang dipenuhi tanaman dan tanaman hijau, bertempat di dalam penanam baja besar berwarna merah yang menghubungkan desain dengan warisan industrinya.

Struktur sementara yang dibungkus tanaman dirancang untuk meregangkan lebar jembatan dan akan digunakan untuk menyelenggarakan acara.

Dinding kaca di bagian belakang struktur akan memberikan pengunjung pemandangan ke seluruh sisa jembatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com