Kompas.com - 08/07/2021, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep dan desain perpustakaan di dunia selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Perpustakaan yang dikenal hanya sebagai tempat menyimpan dan membaca buku, saat ini justru bertransformasi menjadi ruang serbaguna yang menyenangkan bagi banyak orang.

Dilansir dari Designboom, Kamis (08/07/2021), sejumlah arsitek di dunia menjadikan perpustakaan sebagai tempat interaksi masyarakat, literasi digital, dan hiburan.

Selain ruang baca, perpustakaan juga memiliki berbagai ruang fungsional lainnya untuk pertunjukan teater, pertemuaan, pertunjukan budaya dan film, hingga kafe dan restoran.

Baca juga: Para Pemenang Penghargaan Bergengsi World Architecture Festival 2021

Untuk mengapresiasi upaya-upaya tersebut, Federasi Internasional Asosiasi Perpustakaan (IFLA) memberikan penghargaan kepada lima bangunan perpustakaan inovatif dan terbaik di dunia tahun 2021.

1. Perpustakaan Marrickville, Australia

Marrickville Library, AustraliaDesignboom.com Marrickville Library, Australia
Perpustakaan Marickville dirancang oleh Arsitek BVN, dan merupakan proyek alih fungsi bangunan dari rumah sakit tua di pinggiran Sydney Australia.

Perpustakaan baru seluas 3.600 meter persegi terdiri dari perpustakaan komunitas, fasilitas dan ruang serbaguna dan taman kota.

Meski berubah menjadi perpustakaan, BVN tetap mempertahankan fitur asli dari bangunan tua bekas rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1871.

Beberapa fitur yang masih dipertahankan di antaranya yaitu dinding bata dan lantai teraso bangunan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.