Ambisi Besar Kementerian ATR/BPN, Semua Tanah Terdaftar Tahun 2025

Kompas.com - 22/07/2021, 13:30 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Kementerian ATR/BPNMenteri ATR/BPN Sofyan Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus mengupayakan percepatan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia.

Hal ini tertuang dengan Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2020-2024 untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) milik Pemerintah tahun 2020-2024.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil mengatakan sektor pertanahan memiliki peran sangat penting terutama untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Apabila tanah milik masyarakat sudah terdaftar dan bersertifikat akan dapat membuka akses ke perbankan.

Baca juga: Kini, Masyarakat Bisa Mendaftarkan Tanah Lewat Layanan Elektronik Loketku

“Target besar Kementerian ATR/BPN adalah ingin mendaftarkan semua tanah di seluruh Indonesia,” kata Sofyan dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (22/07/2021).

Sofyan menjelaskan, pendaftaran tanah ini sangat penting untuk menghindari sengketa tanah, yang banyak disebabkan oleh mafia tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terjadinya ketidakpastian hukum dalam bidang pertanahan juga dipicu belum semua tanah terdaftar.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan kepada Kementerian ATR/BPN agar mendaftarkan semua tanah di Indonesia.

Pendaftaran tanah ini ditargetkan rampung pada tahun 2025 dan tentu saja yang didaftarkan tanah-tanah di luar kawasan hutan,” ungkapnya.

Sofyan mengaku, pandemi Covid-19 berdampak pada sumber daya yang dimiliki oleh Kementerian ATR/BPN dalam menjalankan program pendaftaran tanah.

Baca juga: Sekali Lagi, Waspadai Modus Operandi Mafia Tanah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X