Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Taman Kian Indah, Pilih Pot Tanah Liat Atau Plastik?

Kompas.com - 27/06/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai tempat bunga, pot merupakan salah satu elemen dekorasi yang bisa mempercantik taman di hunian Anda.

Saat ini, terdapat dua jenis pot yang cukup populer di masyarakat yakni pot dari bahan tanah liat serta pot berbahan plastik.

Masing-masing pot tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Ketahui hal tersebut agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan hunian Anda.

Pot Plastik

Pot plastik sangat mudah dijumpai dan memiliki banyak pilihan warna, bentuk serta bahan pembuatnya. Selain itu, harganya yang terjangkau menjadikannya sebagai favorit banyak orang.

Baca juga: Sisa Tirai Jendela Lipat Didaur Ulang Jadi Tas dan Pot Tanaman

Namun, harus diingat ketika membeli pot plastik carilah yang tak hanya kokoh namun juga sedikit fleksibel.

Pot seperti ini lebih tahan terhadap perubahan cuaca daripada jenis yang tipis dan kaku.

Pot plastik sangat cocok digunakan untuk tanaman yang menyukai tanah lembab. Plastik bukan bahan berpori sehingga tidak terjadi pergerakan udara didalamnya.

Setelah menyiram tanaman Anda, tanah dalam pot plastik akan tetap lembab untuk waktu yang lebih lama, menjaga lebih banyak air di area akar.

Karena itu, pot ini cocok untuk Anda yang jarang menyiram tanaman.

Pot plastik sangat ringan dan ini adalah nilai tambah bagi Anda yang sering memindahkan tanaman, baik untuk dekorasi maupun berdasarkan musim.

Karena bahan pot yang lembut, Anda bisa dengan mudah menambahkan lubang drainase ekstra pada bagian bawah.

Sayangnya, plastik dapat menjadi rapuh dan retak seiring waktu, terutama jika pot terkena paparan sinar hari secara terus menerus.

Pot plastik juga sangat rentan untuk terbalik karena beratnya yang ringan. Karena itu, jauhkan pot plastik dari area yang mudah dijangkau anak-anak atau hewan peliharaan, atau dalam kondisi berangin di luar.

Kekurangan selanjutnya dari pot plastik yaitu bisa menciptakan sampah baru bila tidak didaur ulang. Karena itu, sebaiknya pilih pot plastik dengan kualitas tinggi agar bisa berumur panjang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com