Dibuka Minggu, Galeri Seni Karya Frank Gehry Dilapisi 11.000 Panel Baja Anti-karat

Kompas.com - 26/06/2021, 21:00 WIB
The Tower,  sebuah gedung unik yang dibangun arsitek Frank Gehry. Lokasinya di Arles, Prancis Selatan DezeenThe Tower, sebuah gedung unik yang dibangun arsitek Frank Gehry. Lokasinya di Arles, Prancis Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenang penghargaan arsitektur, Pritzker, Frank Gehry, baru saja mengumumkan keterlibatannya dalam pembangunan sebuah menara unik dari baja di pusat seni Luma Arles, Perancis selatan.

Bangunan tersebut dinamakan The Tower, merupakan bangunan berbalut baja tahan karat dan pusat dari kampus seni Luma Arles di kota Arles.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya, bangunan ini dibuka untuk publik secara resmi mulai Minggu (27/06/2021) besok.

Menurut Gehry, desain gedung ini terinspirasi pada peninggalan amphiteater Romawi di Arles juga pegunungan dan lukisan “Malam Berbintang” karya Vincent van Gogh.

Baca juga: Bekas Lokasi Perang Dunia II Bakal Disulap Jadi Hunian Elite

“Kami ingin menampilkan hal-hal sekitar. Dari Malam Berbintang Van Gogh hingga gugusan batu yang menjulang tinggi yang Anda temukan di wilayah ini. Disini juga masih berdiri amphiteater milik bangsa Romawi," kata Gehry.

Menara seni setinggi 56 meter ini berisi beberapa ruangan seperti galeri pameran, arsip, perpustakaan, kantor, ruang seminar, dan kafe.

Dilapisi 11.000 panel baja tahan karat yang tersusun tidak beraturan, menara khusus ini akan menjadi bagian tengara bagi pusat seni Luma Arles.

"Langit Arles akan berisi bangunan dari zaman kuno, abad pertengahan hingga saat ini. Gedung baru ini akan membuat Luma Arles sebagai situs penting di antara landmark kota lainnya," tutur Gehry.

Menara seni berdiri diatas bangunan kaca silinder yang mengingatkan pengunjung pada Arles Amphitheatre, yang masih berdiri kokoh di tengah kota.

"Seperti arena, skala dan bentuk mirip dengan drum mencerminkan pengaruh perencanaan Romawi kuno yang menjadi fondasi Arles," kata Gehry.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Dezeen.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.