Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.060 Tempat Tidur di Tower 1 Rusun Pasar Rumput Siap Digunakan

Kompas.com - 08/07/2021, 11:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.060 tempat tidur di Tower 1 Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput siap digunakan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meninjau kesiapan Rusun Pasar Rumput bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

"Kita harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” tutur Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Kamis (08/07/2021).

Sementara Tower dua dan tiga akan siap dalam 2-3 hari ini. Dengan demikian, kapasitas total tempat tidur mencapai 5.950 buah.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta kepada seluruh kepala daerah baik di Pulau Jawa dan Bali dan diluar itu untuk terus mengecek langsung ke lapangan terkait kondisi penanganan Pandemi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Baca juga: Tower 1 Rusun Pasar Rumput Siap Digunakan untuk Isolasi Pasien Covid-19

“Mengontrol kesiapan-kesiapan baik itu obat-obatan, baik itu alat kesehatan, baik itu tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,” lanjut dia.

Dia mengucapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja keras menangani pandemi ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan, dan seluruh relawan yang telah bekerja pagi, siang, dan malam dalam rangka menangani Covid-19 ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput memiliki luas bangunan untuk hunian 119.325 meter persegi.

Sejumlah fasilitas tersedia pada rusun di antaranya pasar di lantai 1 dan 2 dengan total luas 12.433 meter persegi.

Kemudian, terdapat ruang kegiatan sosial dengan luas 6.302 meter persegi.

Adapun unit yang digunakan mulai lantai 4 hingga 25 dengan luas per unit 36 meter persegi terdiri dari ruang tamu atau keluarga, ruang makan, dua kamar tidur, toilet, kamar mandi, serta ruang servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com