Tower 1 Rusun Pasar Rumput Siap Digunakan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Kompas.com - 29/06/2021, 13:00 WIB
Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tower 1 Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggarai, Jakarta Selatan, sudah siap difungsikan sebagai tempat isolasi/observasi pasien Covid-19.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan hal ini kepada Kompas.com, Selasa (29/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kementerian PUPR menyiapkan saja, sampai hari ini, untuk Tower 1 siap difungsikan," jelas Khalawi.

Dia menegaskan, Kementerian PUPR sejatinya hanya menyiapkan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput agar bisa difungsikan sebagai tempat isolasi/observasi pasien Covid-19.

Sementara masalah operasionalisasi Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput diserahkan kepada pihak Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sebagai penanggung jawab.

"Tower 2 dan 3 kita siapkan juga, tetapi kita berdoa semoga tidak terpakai artinya sudah turun (kasus Covid-19," tuntas Khalawi.

Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput telah tuntas dibangun Kementerian PUPR dan telah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada September 2019 lalu.

Baca juga: Operasional Rusun Pasar Rumput Ditangani RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Rusun ini dirancang sebanyak tiga tower dengan ketinggian 25 kantai dan total kapasitas 1.984 unit.

Rencananya, seluruh tower rusun bakal dimanfaatkan sebagai fasilitas isolasi/observasi Covid-19 dengan pengoperasian secara bertahap.

Tahap pertama menggunakan Tower 1 yang dimulai dari lantai 4 hingga 25 dengan kapasitas tampung sebanyak 689 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.