Operasional Rusun Pasar Rumput Ditangani RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Kompas.com - 29/06/2021, 11:00 WIB
Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan. Dok. Kementerian PUPR.Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput di Manggai, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, operasionalisasi fasilitas Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput bakal diserahkan kepada pihak Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saya kira (pihak RS Darurat Covid-19) Kemayoran yang akan melakukan strategi dalam hal operasional fasilitas kesehatan," ujar Basuki dikutip dari siaran pers, Selasa (29/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Basuki melanjutkan, Kementerian PUPR juga akan mempercepat proses pemasangan penyejuk udara atau air conditioner (AC) di setiap unit hunian yang akan dijadikan tempat isolasi.

Hunian di Tower 1 berjumlah sebanyak 689 unit yang ditargetkan semua terpasang AC. Sementara, tempat tidur dipasang oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Baca juga: Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Rusun Pasar Rumput Mulai Dipasangi AC

Basuki menuturkan, segala persiapan Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput sebagai tempat isolasi/observasi pasien Covid-19 agar bisa selesai dalam waktu dekat dan siap dioperasikan. 

Namun, dia berharap, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput tidak sampai digunakan, meskipun Kementerian PUPR telah menyiapkan fasilitas pendukung lainnya.

Contohnya, di lantai 3 Tower 1 juga akan disiapkan fasilitas bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Selain itu, pemasangan sekat atau pembatas telah dipasang untuk memisahkan akses masuk pasien dengan pasar yang ada di lantai dasar rusun.

Mengingat sebagian besar pasar di lantai dasar sudah dioperasikan oleh Perumda (PD) Pasar Jaya, maka Kementerian PUPR menutup sebagian akses jalan supaya tidak ada konektivitas antara tempat isolasi dengan pasar.

"Aksesibilitas pun sudah dibangun sekat khusus dan pintu masuknya pasien juga khusus jadi tidak campur dengan jalan umum," tutur Basuki.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.