Asal Usul Istana Negara, Singgasana Orang Nomor Satu Indonesia, Dulu Kediaman Warga Negara Belanda

Kompas.com - 19/03/2021, 19:00 WIB
Istana Negara HERUDINIstana Negara

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak tahu Istana Negara? Salah satu singgasana yang ditempati oleh orang nomor satu di Indonesia ini digunakan sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara.

Banyak kegiatan bersifat kenegaraan digelar di Istana Negara. Sebut saja, pelantikan penting pejabat negara serta pembukaan kongres bersifat nasional dan internasional.

Fungsi Istana Negara lebih berfokus pada kegiatan resmi kepresidenan yaitu sebagai kantor Presiden RI.

Terletak di Jalan Veteran dan menghadap ke Sungai Ciliwung, lokasi Istana Negara ini membelakangi Istana Merdeka yang menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas).

Gedung dengan total luas keseluruhan mencapai 68.000 meter persegi ini meliputi beberapa bangunan lain seperti Kantor Presiden, Wisma Negara, Masjid Baiturrahim, serta Museum Istana Kepresidenan.

Asal usul

Mengutip laman Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Istana Negara pada awalnya merupakan kediaman pribadi seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Belanda, J A van Braam.

Braam membangun kediaman ini selama 8 tahun yaitu mulai Tahun 1796 (masa pemerintahan Gubernur Jenderal Pieter Gerardus van Overstraten) hingga Tahun 1804 (pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Johannes Sieberg).

Namun, Tahun 1816, bangunan ini diambil alih oleh Pemerintah Hindia-Belanda yang diperuntukkan sebagai pusat kegiatan pemerintahan serta kediaman para Gubernur Jenderal Belanda.

Oleh karena itu pula, Istana Negara tempo dulu dijuluki “Hotel Gubernur Jenderal" atau Hotel van den Gouverneur-Generaal.

Di samping untuk penginapan Gubernur Jenderal, gedung bekas rumah Braam ini juga menampung sekretariat umum pemerintahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X