Tepat Hari Pahlawan Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Bertarif, Jarak Terjauh Rp 118.500

Kompas.com - 08/11/2020, 14:30 WIB
Gerbang Tol (GT) Dumai Tol Pekanbaru-Dumai. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Gerbang Tol (GT) Dumai Tol Pekanbaru-Dumai.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jalan Tol Pekanbaru- Dumai akan mulai bertarif tepat pada Hari Pahlawan, 10 November 2020, pukul 00.00 WIB.

Pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Nomor 1525/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Pekanbaru-Dumai.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai juga telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai dengan Peraturan Menteri PU Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol.

Direktur Operasi I PT Hutama Karya (Persero) Suroto menuturkan, sebelumnya Tol Pekanbaru-Dumai dioperasikan secara gratis atau belum berbayar sejak diresmikan pada 25 September 2020.

Baca juga: Warga Riau Gegar Budaya, Keselamatan Berkendara di Jalan Tol Harus Disosialisasikan

Selain itu perusahaan juga telah melakukan sosialisasi pemberlakuan tarif selama lebih dari dua pekan kepada masyarakat Riau.

"Hal ini sejalan dengan poin keenam yang menyatakan bahwa 'besaran tarif tol pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai mulai berlaku 14 (empat belas) hari kalender setelah Kepmen ditetapkan," jelas Suroto kepada Kompas.com, Minggu (7/11/2020).

Untuk kendaraan Golongan I dengan asal perjalanan dari Pekanbaru menuju jarak terjauh Dumai, dikenakan tarif sebesar Rp 118.500. 

Sementara untuk jarak terpendek dari Pekanbaru menuju Minas, kendaraan golongan yang sama dikenakan tarif sebesar Rp 8.500.

Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Dumai mengimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan yang berlaku di jalan tol.

Termasuk memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik (UE) dan mengecek informasi tarif tol di seluruh kanal media sosial resmi Hutama Karya atau melalui aplikasi HK Toll Apps yang didalamnya terdapat fitur informasi tarif tol yang dikelola oleh Hutama karya maupun fitur top-up saldo kartu UE.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X