Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penerapan Green Building di Perkotaan Jadi Kunci Kurangi Emisi Karbon

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan menerapkan prinsip pembangunan gedung hijau (green building) pada setiap proyek pembangunan pemerintah. 

"Dengan penataan yang baik di kawasan perkotaan melalui penyediaan infrastruktur, tentu kami optimistis dapat memberikan dukungan pengurangan emisi karbon," kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (03/11/2021). 

Menurutnya, penerapan prinsip pembangunan green building ini sangat penting dilakukan terutama di kawasan perkotaan. 

Pasalnya, yang menjadi tantangan dalam pembangunan infrastruktur terkait perubahan iklim adalah tingkat urbanisasi yang terus meningkat.

Peningkatan laju urbanisasi berdampak pada emisi karbon yang tinggi karena
pencemaran udara dan menyebabkan gangguan pernafasan, peningkatan suhu permukaan bumi, dan meningkatkan risiko bencana iklim, seperti banjir, kekeringan, dan kenaikan muka air laut.

Dengan pembangunan green building tersebut, Kementerian PUPR optimistis dapat berkontibusi terhadap pengurangan emisi karbon dengan potensi sebesar 58 persen di sektor bangunan, 21 persen di sektor transportasi, 16 persen di sektor energi, dan 5 persen di sektor limbah.

Selanjutnya, Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk ketahanan air lewat pembangunan 61 bendungan dan pembangunan tanggul di pantai utara Jawa untuk melindungi kota-kota pesisir Jakarta, Semarang, Pekalongan, dan wilayah lainnya dari ancaman penurunan permukaan tanah dan kenaikan permukaan laut.

"Setidaknya ada empat peran besar dari pembangunan infrastruktur, yakni merubah peradaban, meningkatkan daya saing, meningkatkan keadilan sosial, dan meningkatkan persatuan bangsa," pungkasnya. 

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/03/125934521/penerapan-green-building-di-perkotaan-jadi-kunci-kurangi-emisi-karbon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke