Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2023, 13:42 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias merupakan salah satu pilihan untuk mendekorasi ruang tamu. Selain memperindah ruangan, tanaman hias juga menyegarkan dan membawa suasana alam ke ruangan.

Jika Anda sedang mempertimbangkan menambahkan kesegaran di ruang tamu, ada berbagai tanaman yang bisa dipilh. Meski begitu, terkadang tidak mudah menentukan tanaman untuk diletakkan di ruang tamu. 

Dikutip dari My Domaine, Jumat (21/4/2023), berikut enam tanaman hias yang cocok  diletakkan di ruang tamu.

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Hias Tetap Subur dan Hidup Saat Ditinggal Mudik

Lidah mertua

Ilustrasi tanaman lidah mertua.Shutterstock/Grumpy Cow Studios Ilustrasi tanaman lidah mertua.
Lidah mertua direkomendasikan untuk ruang tamu dengan cahaya alami yang minim.

Renée Christensen, plant stylist di Léon & George, mengatakan, tanaman lidah mertua dapat tumbuh subur dengan sedikit atau tanpa cahaya dengan daun beraneka ragam untuk menarik serta mencerahkan raungan mana pun. 

Kentia palm

Kentia palm direkomendasikan untuk ruangan yang luas. Menurut Christensen, tanaman ini tumbuh baik dengan ruang yang luas, kelembapan, dan cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang. Siram seminggu sekali untuk menjaga daunnya tetap sehat.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Dragon tree

Ilustrasi tanaman hias dracaena limelightShutterstock/My Sunnyday Ilustrasi tanaman hias dracaena limelight
Jika mencari tanaman cantik dengan manfaat tambahan, Anda dapat memilih dragon tree. Christensen mengatakan, tanaman dragon tree dapat membersihkan udara dengan sangat baik dan hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang adalah kondisi terbaik untuk tanaman ini. Siram tanaman dragon tree seminggu sekali atau saat tanahnya terasa kering.

Bird's nest fern

Menurut Christensen, Bird's nest fern merupakan tanaman yang mudah dirawat dan menghadirkan nuansa hitan yang rimbun di sekitar ruang tamu. 

Letakkan di tempat yang terkena cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang dan siram seminggu sekali atau saat tanahnya terasa kering.

Baca juga: 7 Manfaat Tanaman Pakis Sarang Burung untuk Rumah

Money tree

Money tree atau pohon uang dikenal membawa keberuntungan serta kemakmuran bagi pemiliknya. "Banyak pelanggan kami menyukai ide pohon sungguhan di ruang tamu mereka," kata Christensen.

Tanaman hias ini membutuhkan cahaya tidak lansung yang sedang hingga terang dan air sekali seminggu.

Baca juga: Bawa Hoki, Ini 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Pintu Depan Rumah

Fishtail palm

Jika memiliki ruang tamu dengan plafon tinggi, pertimbangkan fishtail palm yang menjulang tinggi. Menurut Christensen, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 2,4 meter di dalam ruangan dengan cahaya terang dan memerlukan penyiraman sekali seminggu atau saat tanah terasa kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com