Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 5 Jenis Anjing Pit Bull dan Perbedaannya

Kompas.com - 03/12/2022, 12:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara anjing Pit bull, beberapa orang masih kurang familiar dan menganggapnya mengacu pada satu ras anjing saja.

Padahal, sama dengan jenis anjing Retriever, anjing Pit bull yang mengacu pada beberapa ras anjing. Selain itu, masing-masing ras anjing dalam jenis Pit bull memiliki perbedaan cukup signifikan.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Pit Bull yang Kerap Dianggap Berbahaya

Anjing Pit bull bisa merupakan kombinasi dari 35 ras dan persilangan berbeda, yang memiliki beberapa karakteristik fisik yang sama,” ujar Presiden American Dog Breeders Association, Hank Greenwood.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa anjing Pit bull memiliki penampilan cukup mirip. Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (3/12/2022), berikut ragam jenis anjing Pit bull dan perbedaannya.

Karakteristik anjing Pit Bull

Ilustrasi anjing Pit bull.Unsplash/corophoto Ilustrasi anjing Pit bull.

Jenis anjing Pit bull memiliki tubuh kekar dengan dada dalam dan kepala berbentuk kotak. Pit bull memiliki kekuatan, keberanian, serta keramahan yang dipadukan dengan kecerdasan dan tekad seekor Terrier.

Jenis anjing ini mendapatkan reputasinya sebagai anjing yang tangguh karena dahulu dibiakkan untuk memancing banteng.

Baca juga: 3 Perbedaan American Pit Bull Terrier dengan Dogo Argentino

Ketika kegiatan ini dilarang pada pertengahan 1800-an, banyak anjing Pit bull dijadikan sebagai anjing peternak dan anjing peliharaan. Sayangnya, masih ada yang dibiakkan untuk sabung anjing.

“Mereka adalah jenis anjing yang sangat baik. Seperti jenis anjing lainnya, mereka berkembang dengan pelatihan dan sosialisasi yang tepat," kata juru bicara American Kennel Club, Brandi Hunter Munden.

Ia melanjutkan, anjing-anjing Pit bull cocok dipelihara pemilik yang sudah berkeluarga maupun memiliki anak.

Jenis-jenis anjing Pit bull

Ilustrasi anjing - Anjing ras Staffordshire Bull Terrier.SHUTTERSTOCK / Mary Swift Ilustrasi anjing - Anjing ras Staffordshire Bull Terrier.

Ras anjing, yang juga disebut dengan Staffy ini, memiliki tubuh kecil dan kekar dengan berat 10-17 kilogram (kg). Mereka adalah anjing dari Inggris yang senang berada di mana pun, asalkan dengan pemiliknya.

Staffordshire bull terrier adalah anjing petualang sehingga bisa diajak berlari di jalur baru dan dijadikan teman bermain anak-anak karena dikenal akan kesabaran serta rasa kasih sayangnya. 

“Staffy yang dibesarkan dengan tepat memiliki sifat penyayang dan berkembang dengan banyak kasih sayang,” ungkap Munden.

Baca juga: 5 Makanan Manusia yang Bisa Diberikan pada Anjing Peliharaan

Terlepas dari namanya, American pit bull terrier adalah anjing yang berasal dari Irlandia dan Skotlandia. Mereka adalah anjing yang mudah dilatih dan memiliki berat 15-31 kg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com