Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing Berumur Panjang, Ada yang Mencapai 18 Tahun

Kompas.com - 03/12/2022, 08:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber WebMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik anjing tentu mengharapkan sahabat bulu yang sehat dan bisa hidup lama agar dapat menemani terusnya. 

Namun, kenyataannya anjing tak bisa bertahan lama seperti manusia. Rata-rata usia hidup anjing adalah delapan sampai 10 tahun. 

Baca juga: Ragam Cara Merawat Anjing Peliharaan Tetap Hangat Selama Musim Hujan

Namun, itu bisa lebih lama dan cepat, tergantung beberapa faktor seperti kesehatan, ras anjing, dan perawatan yang diterimanya. 

Misalnya, ras anjing kecil memiliki usia lebih panjang dibanding anjing besar. Begitu pun anjing peliharaan atau rumahan bisa hidup lebih lama daripada anjing liar yang hidup di jalanan. 

Ada pula beberapa ras anjing yang berumur panjang, bahkan melebihi usia anjing pada umumnya. 

Nah, dilansir dari WebMD, Sabtu (3/12/2022), berikut sejumlah ras anjing berumur panjang

Baca juga: 5 Cara Mencegah Virus Rabies pada Anjing dan Hewan Peliharaan

Yorkshire terrier

Ilustrasi anjing betina, ilustrasi ras anjing Yorkshire Terrier. Shutterstock/Eve Photography Ilustrasi anjing betina, ilustrasi ras anjing Yorkshire Terrier.
Anjing Yorkshire terrier atau Yorkies yang dikenal penuh semangat ini dapat hidup rata-rata 14-16 tahun. Dahulu, anjing Yorkshire terrier digunakan untuk berburu tikus, kini ras anjing kecil dan populer ini menjadi anjing pangkuan yang sering dimanja.

Pudel 

Pudel yang berbulu keriting ini terdiri atas tiga ukuran, yaitu toy atau mainan berukuran kecil, miniature berukuran sedang, serta standar. Ketiga ukuran itu tidak berbeda jauh satu sama lain. 

Kebanyakan Pudel berukuran mainan dapat hidup 14-16 tahun dan standar yang lebih besar hidup sekitar 11-13 tahun.  

Baca juga: 4 Penyebab Anjing Membuang Kotoran Sembarangan di Rumah

Maltese

Selanjutnya, ras anjing berumur panjang adalah Maltese. Anjing anggun ini memiliki rentang hidup rata-rata 12-15 tahun dan telah ada selama 28 abad.

Orang Mesir kuno mungkin memuja anjing ini serta filsuf Yunani dan Romawi menulis tentang Maltese. Dengan bulu putihnya yang panjang dan halus serta perilakunya yang lembut, sulit dipercaya bahwa anjing Maltese dulu pernah digunakan untuk berburu tikus.  

Baca juga: 8 Masalah Kesehatan yang Kerap Mengintai Ras Anjing Populer

Labrador retriever

Labrador retriver merupakan ras anjing paling populer di Amerika. Beruntung, meski berukuran besar, anjing Labrador berumur panjang, yakni 10-12 tahun. 

Anjing ini dikenal energik dan suka bermain, yang membuatnya tetap muda serta hidup lebih lama. Namun, sama dengan ras anjing besar, Labrador retriever rentan mengalami masalah pinggul yang bisa menyakitkan.  

Jadi, perhatikan anjing peliharaan Anda seiring bertambahnya usia. Kelebihan berat badan dapat memperburuk masalah, jadi jaga agar Labrador retriever tetap langsing. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berbulu Panjang yang Cantik dan Menggemaskan

Chihuahua

Chihuahua adalah ras anjing terkecil dengan berat rata-rata 1,5 kilogram. Chihuahua telah ada sejak abad ke-9. Anjing yang berasal dari Meksiko ini begitu dicintai orang-orang Amerika Tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com