Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Ras Anjing Pekerja dan Penggembala, Apa Saja?

Kompas.com - 04/10/2022, 13:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, memiliki tujuh kelompok anjing yang digunakan untuk mengkategorikan ras anjing berdasarkan berbagai karakteristiknya, dua si antaranya anjing pekerja dan penggembala. 

Kedua kelompok anjing ini kerap dianggap sama lantaran masing-masing melakukan pekerjaan yang membantu manusia, dari menarik barang, menjaga ternak, mencari buruan, hingga menjadi anjing penjaga

Padahal, kelompok anjing pekerja dan penggembala mempunyai sejumlah perbedaan. Berikut perbedaan anjing pekerja dan penggembala dilansir dari Cuteness, Selasa (4/10/2022). 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Mirip Shih Tzu, Penampilannya Menggemaskan 

Anjing pekerja

Ilustrasi anjing Doberman pinscher. PIXABAY/YamaBSM Ilustrasi anjing Doberman pinscher.
Anjing dalam kelompok pekerja dibiakkan untuk melakukan pekerjaan bagi manusia seperti menjaga, penyelamatan air, serta menarik kereta luncur dan gerobak.

Dalam kelompok ini, tidak ada ras anjing kecil. Ras anjing pekerja berkisar dari ukuran sedang hingga raksasa. Salah satu ras terkecil adalah German pinscher dengan tinggi 43-50 inci dan berat 11-20 kilogram.  

Ada banyak ras anjing besar dan raksasa  dalam kelompok pekerja ini, termasuk Great dane,  Mastiff, Rottweiler, juga Doberman pinscher. 

Temperamen anjing dalam kelompok kerja cenderung waspada, protektif, dan menjaga. Mereka kuat secara fisik untuk menjalankan fungsinya dan cenderung cukup cerdas seperti Doberman juga Rottweiler. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Pertimbangan anjing pekerja

Ilustrasi anjing Great dane.PIXABAY/Ralphs_Fotos Ilustrasi anjing Great dane.
Anjing dari kelompok kerja membutuhkan pelatihan dan sosialisasi untuk menjadi anjing peliharaan keluarga yang baik. 

Namun, anjing pekerja bukan pilihan terbaik bagi pemilik anjing yang tidak berpengalaman. Akan tetapi, Anda dapat menghubungi pelatih profesional jika memerlukan bantuan untuk menangani anjing-anjing ini.

Untuk menjaga tetap sehat dan bahagia secara mental, anjing pekerja membutuhkan pekerjaan, tapi tidak perlu pekerjaan tradisional yang dulu dilakukan. Pertimbangkan aktivitas seperti kelincahan, menarik kereta, trik pelatihan, dan permainan aroma. 

Baca juga: Sejarah Hubungan Anjing Dalmatian dan Pemadam Kebakaran 

Anjing penggembala

Kelompok anjing penggembala memiliki banyak kesamaan dengan kelompok anjing pekerja. Faktanya, kelompok anjing ini termasuk dalam kelompok kerja sampai 1983 sebelum dipisahkan ke kelompok anjing penggembala.

Sesuai dengan namanya, anjing ini dikembangbiakkan untuk menggembalakan dan memindahkan hewan lain seperti sapi dan domba.

Anjing dalam kelompok penggembala cenderung lebih kecil dibanding kelompok kerja. Begitu pun ras anjing dalam kelompok penggembalaan berkisar dari kecil hingga besar. Dua dari anggota terkecil dari kelompok, termasuk Pembroke Welsh Corgi serta Shetland sheepdog. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Raksasa yang Dapat Dipelihara di Rumah

Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.PIXABAY / RebaSpike Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.
Sementara itu, ras anjing besar dalam kelompok ini seperti bouvier des Flandres dan Beauceron. Kedua ras anjing ini memiliki tinggi 69 sentimeter dan 49 kilogram. 

Anjing penggembala cukup cerdas dan beberapa anggota termasuk dalam daftar anjing terpintar, di antaranya Border collie, German shepherd, Shetland sheepdog, and Australian cattle dog.

Anjing penggembala cenderung memiliki tingkat energi tinggi serta naluri menggembala yang kuat. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Akur dengan Kucing, Bisa Dipelihara Bersama

Pertimbangan anjing penggembala 

Karena kecerdasannya yang tinggi, anjing penggembala sangat mudah dilatih dan  menyenangkan diajak bekerja sama.

Namun, anjing ini memiliki banyak energi, yang berarti membutuhkan banyak latihan untuk membakar energi itu secara konstruktif.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan lain atau anak kecil, ingatlah bahwa naluri menggiring dapat menyebabkan anjing-anjing ini mencoba menggiring anggota keluarga yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com