Kompas.com - 04/10/2022, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa makanan yang memerlukan perhatian khusus lantaran cara penyimpanannya tidak bisa sembarangan.

Jika disimpan dengan cara yang kurang tepat, produk makanan dapat membusuk lebih cepat dan tidak bisa diolah. Walhasil, mereka pun harus dibuang.

Baca juga: Cara Menyimpan Alpukat agar Cepat Matang dan Tetap Segar

Tentunya, hal ini bermasalah karena dapat membuat boros pengeluaran, juga memperbanyak limbah makanan rumah tangga.

Disadur dari Hunker, Selasa (4/10/2022), ada beberapa produk makanan yang cukup membuat orang bingung dalam menyimpannya. Apa saja?

1. Alpukat

Ilustrasi alpukat, buah alpukat. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi alpukat, buah alpukat.

Direktur Food Systems and Safety Program Team di Clemson University Extension Service, Kimberly Baker, mengatakan, alpukat yang belum matang harus disimpan dengan utuh tanpa dipotong pada suhu ruangan.

Baca juga: Panduan Cara Menanam Alpukat dari Biji

Chef and Culinary Director di Tacombi, Oscar Henandez, menambahkan bahwa mereka juga perlu dijauhkan dari sinar matahari langsung.

Sementara untuk alpukat matang, Hernandez mengimbau agar mereka disimpan di dalam kulkas karena suhu dingin dapat membantu memperlambat proses pembusukan.

2. Tomat

Jika tomat belum matang, Baker menyarankan untuk menyimpannya di dalam kantong kertas yang tidak terlalu tertutup rapat pada suhu ruangan, yakni sekitar 18-21 derajat celsius.

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Buah ceri dan anggur yang belum dipotong, serta tomat yang masih menempel pada batangnya (cluster tomatoes) bisa disimpan dengan cara itu pada suhu tersebut hingga lima hari.

Halaman:
Sumber Hunker


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.