Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2022, 19:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ribuan tahun, manusia dan anjing telah membentuk ikatan yang sangat erat. Sebagai penjaga dan teman berburu, anjing berbagi beban sehari-hari dalam kehidupan di masa lampau.

Anjing pun sejak lama telah bergabung di medan perang. Dikutip dari Pet Keen, Sabtu (10/9/2022), salah satu informasi paling awal tentang anjing yang digunakan dalam perang berasal dari sekitar 600 SM.

Selama berabad-abad setelah itu, anjing mempertahankan kehadirannya di militer, berfungsi sebagai penguat moral bagi para prajurit dan akhirnya dilatih untuk memainkan peran yang lebih spesifik dalam pertempuran.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dilakukan saat Anjing Peliharaan Terkena Diare

Ilustrasi ras anjing German Shepherd yang banyak digunakan untuk membantu tugas militer dan polisi. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi ras anjing German Shepherd yang banyak digunakan untuk membantu tugas militer dan polisi.

Selama Perang Dunia II, militer AS memulai upaya yang lebih terpadu untuk merekrut dan melatih anjing untuk digunakan dalam pertempuran. Saat ini, anjing melayani dalam berbagai kegiatan militer di seluruh dunia.

Bahkan dengan begitu banyak kemajuan teknologi dalam militer modern, masih ada beberapa tugas yang paling baik dilakukan oleh anjing yang terlatih dengan indera penciuman dan pendengaran mereka yang mumpuni.

Karena anjing militer melayani dalam berbagai peran, ras anjing yang digunakan oleh angkatan bersenjata juga sangat bervariasi. Sepanjang sejarah, banyak ras anjing telah memainkan peran militer yang vital baik dalam perang maupun perdamaian.

Berikut beberapa ras anjing yang membantu tugas militer di seluruh dunia.

Baca juga: Mengenang Perjalanan Cinta Ratu Elizabeth II dan Anjing Corgi

1. German Shepherd

Awalnya dikembangkan oleh seorang perwira tentara Jerman khusus untuk digunakan sebagai anjing pekerja militer, tidak mengherankan bahwa German Shepherd tetap menjadi salah satu ras anjing militer paling populer.

Tentara Jerman mulai menggunakan anjing German Shepherd terlatih sebagai anjing penjaga, pembawa pesan, dan pembawa amunisi dalam Perang Dunia I. Pada Perang Dunia II, negara-negara lain termasuk AS telah menggunakan anjing ini dan ras anjing ini telah melayani angkatan bersenjata di seluruh dunia sejak saat itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com