Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ras Anjing Kecil yang Mirip Boneka dan Cocok Dipelihara Pemula

Kompas.com - 05/09/2022, 18:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang lebih suka memelihara ras anjing kecil daripada  anjing besar, terutama di kalangan pemula.

Ada anggapan menyebut bahwa ras anjing kecil lebih mudah dirawat serta tidak memakan banyak ruang. Ini menjadi pilihan cocok untuk mereka yang tinggal di rumah kecil seperti apartemen. 

Baca juga: Amankah Memelihara Anjing dan Kucing Bersamaan?

Ditambah, kebanyakan ras anjing kecil memiliki tampilan yang lucu, menggemaskan, dan imut layaknya boneka.

 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Senin (5/9/2022), berikut ras anjing kecil yang mirip boneka dan cocok untuk pemula. 

Bichon frise

Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.Unsplash/mbriney Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.

Bichon frise adalah ras anjing kecil yang ceria dan cocok untuk rumah yang memiliki anak-anak atau mereka yang tinggal di apartemen. Bichon frise memiliki tampilan menggemaskan, dengan wajah seperti boneka dan bulu seperti bola kapas. 

Namun, Bichon frise relatif mudah dilatih, beradaptasi dengan baik terhadap gaya hidup apa pun, dan hanya perlu olahraga ringan setiap hari agar tetap sehat serta bahagia.

Luangkan waktu dan uang untuk berkunjung ks salon hewan karena bulu anjing ini keriting sehingga perlu dipangkas secara rutin dan disisir dengan hati-hati.

Baca juga: Plus Minus Mengajak Anjing Peliharaan Tidur di Kasur Pemiliknya

Pomeranian

Pomeranian atau Pom adalah ras anjing kecil yang senang dipangku. Pomeranian ebih sering memiliki hubungan sangat dekat hanya dengan satu pemilik saja, tapi bukan berarti galak ke anggota keluarga lain.

Anjing Pom bersikap baik dengan anak-anak yang lebih tua meski bisa beradaptasi terhadap banyak situasi. Berikan latihan dasar harian untuk menjaganya tetap bahagia. Pomeranian butuh latihan dasar untuk mendapatkan struktur dan batasan.

Tanpa pelatihan, Pomeranian bisa menjadi anjing keras kepala. Untungnya, sahabat bulu ini merespons baik terhadap pelatihan yang konsisten dan positif.

Baca juga: Ragam Cara dan Tanda Anjing Peliharaan Memilih Manusia Favoritnya

Pudel

Ilustrasi anjing Yorkshire terrier.Unsplash/susse_sus/likes Ilustrasi anjing Yorkshire terrier.

Secara umum, Pudel adalah anjing yang bisa menjadi sahabat baik manusia dan beradaptasi baik dengan lingkungannya, termasuk ketika dipelihara rumah yang memiliki anak-anak.

Pudel hadir dalam tiga ukuran, yakni toy, miniatur, dan standar. Terlepas dari ukurannya, Pudel adalah anjing yang cerdas. Mereka merespons pelatihan dengan baik dan energik. Untuk itu, berikan Pudel banyak pelatihan dan stimulasi mental.

Baca juga: 7 Anjing Bertelinga Panjang yang Menggemaskan

Yorkshire terrier

Yorkshire terrier adalah ras anjing kecil yang senang dipangku pemiliknya, penuh kasih  terhadap pemiliknya, bahkan dapat bertindak protektif di sekitar orang asing.

Yorkshire terrier memiliki tingkat energi sedang dan hanya membutuhkan latihan dasar. Ajak anjing peliharaan berjalan-jalan setiap hari agar selalu merasa senang.

Anjing Yorkshire terrier memerlukan dasar yang kuat dalam pelatihan. Tanpa struktur, mereka bisa menjadi anjing yang keras kepala dan vokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com