Kompas.com - 19/08/2022, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa anjing peliharaan senang dipangku dan dipeluk pemiliknya, bahkan mengikuti pemiliknya ke mana pun. 

Biasanya, beberapa pemilik mengajak anjing peliharaan tidur bersama di kasur mereka. Bagi beberapa pemilik, kehadiran sahabat bulu yang menemaninya tidur memberi ketenangan. 

Namun, ternyata ada keuntungan dan kekurangan mengajak anjing tidur bersama pemiliknya dilansir dari Secret Linen Store, Jumat (19/8/2022), berikut ini.

Baca juga: 9 Ras Anjing yang Akan Tetap Kecil Saat Dewasa, Apa Saja?

Keuntungan tidur bersama anjing peliharaan

Ilustrasi anjing depresi dan sedih.PIXABAY/renatolaky Ilustrasi anjing depresi dan sedih.

  • Tingkatkan rasa aman

Jika tinggal atau tidur sendiri, memiliki anjing di tempat tidur dapat mengurangi rasa stres dengan memberi perasaan aman sehingga membuat tenang dan lebih mudah terlelap.

Anjing juga memiliki indra penciuman dan pendengaran yang lebih baik daripada manusia. Mereka dapat mengetahui perubahan lebih cepat jika ada sesuatu yang terjadi sepanjang malam.

Naluri mendasarnya adalah untuk melindungi pemiliknya. Mengajak anjing tidur bersama seperti menghadirkan anjing penjaga yang dapat membuat lebih tenang. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Sayuran yang Aman untuk Anjing Peliharaan

  • Membuat pemilik rileks

Dampak dari merasa kurang stres tidur bersama anjing memiliki manfaat fisiologis. Secara alami, merasa lebih rileks dapat menyebabkan detak jantung lebih rendah. 

Selain itu, perasaan rileks juga dapat mengurangi kortisol tubuh, yang bertanggung jawab atas perasaan stres.

Jadi, tidur bersama anjing dapat dikaitkan dengan relaksasi yang lebih besar dan membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Rottweiler, Hampir Punah dan Punya Gigitan Kuat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.