Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Plus Minus Mengajak Anjing Peliharaan Tidur di Kasur Pemiliknya

Biasanya, beberapa pemilik mengajak anjing peliharaan tidur bersama di kasur mereka. Bagi beberapa pemilik, kehadiran sahabat bulu yang menemaninya tidur memberi ketenangan. 

Namun, ternyata ada keuntungan dan kekurangan mengajak anjing tidur bersama pemiliknya dilansir dari Secret Linen Store, Jumat (19/8/2022), berikut ini.

  • Tingkatkan rasa aman

Jika tinggal atau tidur sendiri, memiliki anjing di tempat tidur dapat mengurangi rasa stres dengan memberi perasaan aman sehingga membuat tenang dan lebih mudah terlelap.

Anjing juga memiliki indra penciuman dan pendengaran yang lebih baik daripada manusia. Mereka dapat mengetahui perubahan lebih cepat jika ada sesuatu yang terjadi sepanjang malam.

Naluri mendasarnya adalah untuk melindungi pemiliknya. Mengajak anjing tidur bersama seperti menghadirkan anjing penjaga yang dapat membuat lebih tenang. 

  • Membuat pemilik rileks

Dampak dari merasa kurang stres tidur bersama anjing memiliki manfaat fisiologis. Secara alami, merasa lebih rileks dapat menyebabkan detak jantung lebih rendah. 

Selain itu, perasaan rileks juga dapat mengurangi kortisol tubuh, yang bertanggung jawab atas perasaan stres.

Jadi, tidur bersama anjing dapat dikaitkan dengan relaksasi yang lebih besar dan membantu kamu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Tidak jarang, orang-orang yang menyayangi anjing peliharaannya gemar mengelus tubuh sahabat bulu, entah itu pada bagian kepala, telinga, atau perutnya.

Mengelus tubuh anjing dapat meningkatkan kadar oksitosin dalam tubuh manusia. Oksitosin adalah senyawa kimia yang bertanggung jawab  mengurangi stres sehingga membuat lebih bahagia.

Jadi, berpelukan dengan anjing di tempat tidur dapat membuat orang-orang merasa lebih rileks, tidak terlalu stres, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. 

  • Tingkatkan kehangatan

Rumah dan kamar tidur bisa menjadi dingin pada musim-musim tertentu. Meski memiliki pemanas dan selimut, memiliki sumber panas ekstra di tempat tidur seperti anjing peliharaan dapat membuatmu merasa lebih hangat dibanding selimut. 

  • Ikatan menjadi lebih kuat

Anjing adalah hewan yang suka berkelompok dan menyukai perhatian dari pemiliknya. Umumnya, diyakini bahwa tidur di tempat yang sama dengan anjing dapat meningkatkan ikatan.

Anjing yang merasa lebih dekat dengan pemiliknya dapat memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi. Hal ini dianggap dapat membuat anjing menjadi lebih ramah pada orang dan anjing lainnya. 

Kekurangan tidur bersama anjing peliharaan

  • Menyebabkan masalah perilaku

Mengizinkan anjing tidur di kasur yang sama dengan pemiliknya dapat memperkuat ikatan, tetapi juga menciptakan perilaku yang bermasalah jika tidak ada batasan.

Jika tidak menerapkan aturan tentang kapan anjing diizinkan berada di atas kasur, ini dapat membuat sahabat bulu mulai melompat-lompat dan tidak menghargai otoritasmu. 

Mengajak anjing tidur bersama pemiliknya juga terkadang bisa menyebabkan kecemasan akan perpisahan jika mereka sudah terbiasa menghabiskan begitu banyak dengan manusianya.

Pada akhirnya, anjing dapat merasakan pengalaman menyedihkan jika kamu meninggalkan rumah atau tidur tanpa mereka.

Jika memiliki pasangan yang tidak menyukai sahabat bulu, anjing yang selalu tidur bersamamu dapat mempengaruhi hubunganmu dengan pasangan.

Ini bisa terjadi jika kehadiran sahabat bulu menyebabkannya kekurangan tidur atau merasa kurang nyaman untuk tidur bersama hewan peliharaan.

  • Mempengaruhi kualitas tidur

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang saat tidur bersama anjing peliharaan seperti ukuran tubuh serta kebiasaan mendengkur atau mengeluarkan air liur. 

Hal-hal tersebut bisa terjadi pada ras anjing besar yang memakan cukup banyak ruang di atas kasur daripada rata-rata orang dewasa.

Dengkuran dan gerakan yang dilakukan anjing pada malam hari dapat mengganggu kamu tidur dan orang lain di dalam kamar tidur.

Bulu dan kaki anjing bisa membawa banyak hal. Ini bisa membuat tempat tidur kamu menjadi sangat kotor. Belum lagi, air liur anjing dapat membuat kamu harus lebih rajin membersihkan tempat tidur.

Lebih lanjut, anjing pada akhirnya adalah hewan. Meski kebersihannya terjaga, anjing cenderung bersentuhan dengan banyak benda kotor usai diajak berjalan-jalan keluar rumah.

Kotoran anjing juga dapat menempel di bulu atau cakarnya. Ketika anjing langsung diajak tidur di kasur, bakteri, kotoran, dan hama seperti kutu atau cacing bisa berpindah ke pemiliknya.

  • Memperburuk alergi

Anjing dapat membawa alergen seperti debu dan serbuk sari pada bulunya. Jika mereka sering tidur di kasur pemiliknya, alregen dapat berpindah ke seprai, bahkan langsung ke wajahmu, sehingga memperburuk alergi, terutama bagi penderita asma.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/19/152000476/plus-minus-mengajak-anjing-peliharaan-tidur-di-kasur-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke