Kompas.com - 19/08/2022, 12:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bambu rejeki atau bambu hoki atau lucky bamboo adalah salah satu tanaman feng shui yang populer. Seperti namanya, tanaman bambu rejeki diyakini dapat mendatangkan energi positif, kekayaan, keberuntungan, hingga kesuksesan karier.

Namun demikian, tanaman bambu rejeki tidak luput dari serangan hama. Salah satu hama yang kerap menyerang tanaman bambu rejeki adalah tungau laba-laba.

Dikutip dari Garden Guides, Jumat (19/8/2022), tungau laba-laba membuat sakit dan membunuh tanaman bambu rejeki dengan memakan daunnya. Hama ini hidup di iklim hangat dan kering dan merupakan salah satu hama tanaman hias yang paling serius, menurut para ahli di University of Minnesota.

Baca juga: Cara Menggunakan Tanaman Bambu Rejeki untuk Feng Shui Baik

Ilustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman. SHUTTERSTOCK/CATHERINE ECKERT Ilustrasi hama tungau laba-laba pada tanaman.

Hama ini adalah satu-satunya hama tanaman hias yang menyerang tanaman bambu rejeki. Anda dapat memilih metode pengendalian alami atau kimia untuk membasmi infestasi tungau laba-laba.

Identifikasi hama tungau laba-laba

Perhatikam tanaman bambu rejeki Anda, apakah Anda menemukan zat lengket pada daun tanaman atau jaring tipis yang membentang di antara batang atau daun? Ini adalah bukti adanya tungau laba-laba.

Saat serangan tungau memburuk, daun bambu rejeki menguning. Namun, daun yang menguning saja bukanlah bukti adanya tungau laba-laba.

Daun juga menguning ketika tanaman menerima terlalu banyak cahaya. Pada kondisi infestasi tungau laba-laba, daun menguning karena tungau memakan daun, menyedot nutrisi.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Daun Bambu untuk Menyuburkan Tanaman

Cara membasmi tungau laba-laba secara alami

Isi mangkuk dengan 3 liter air dan setengah sendok teh sabun cuci piring atau sabun cuci tangan. Benamkan tanaman bambu rejeki dalam larutan ini untuk mandi sabun.

Kemudian bilas tanaman di bawah air hangat. Sebagai alternatif, siapkan larutan yang sama tetapi jangan merendam tanaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.