Kompas.com - 19/08/2022, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bersama Dyandra Promosindo menyelanggarakan IFEX 2022 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Pameran furnitur internasional yang digelar dari 18 Agustus hingga 21 Agustus 2022 ini menampilkan sekitar 250 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Memilih Furnitur untuk Ruang Kecil

Abdul Sobur, Ketua Presidium HIMKI, mengatakan pameran kali ini menjadi pameran pertama yang digelar pada Agustus yang biasanya diselenggarakan pada September.

"Pameran ini di luar rencana yang sebelumnya mengharapkan pada Maret 2022 karena keadaan pandemi Covid dan baru mendapat izin Agustus ini,'' ungkap Sobur dalam acara konferensi pers di JIExpo, Jumat (19/8/2022).

Akan tetapi, meski di luar rencana, Sobur menjelaskan, saat ini ada jumlah pembeli atau buyer yang sudah teregistrasi sudah mencapai 3.800 orang. 

"Kita mengharapkan hanya sedikit buyer sekitar 2.000, tapi saat ini sudah terregistrasi hingga 3.800 dari mancanegara. Jadi, optimis akan berhasil dan keputusan yang diambil tidak salah, bahkan membuat ruang baru bahwa pameran bisa dilaksanakan," tambah Sobur. 

Baca juga: Kayu Solid Vs Particle Board, Mana Lebih Baik untuk Material Furnitur?

Menarik pasar mancanegara dengan keunikan produk

Djudjuk Aryati, Wakil Ketua Umum HIMKI Bidang Promosi dan Pemasaran, menambahkan  produk Indonesia memiliki daya tarik yang menarik dari berbagai aspek seperti desain dan bahan material yang digunakan, di antarany kayu jati serta mahoni.

"Saya optimis akan banyak buyer dari luar karena konsep, desain, dan ragam keunikan produk Indonesia tidak ada duanya sehingga mereka akan datang mencari produk Indonesia," ungkap Djujuk. 

Sobur menambahkan, jika berbagai produk dalam pameran ini sudah diincar buyer serta mereka sudah mengenal dan mencari produk Indonesia, tapi tidak ditemukan di mana pun, hanya di sini. 

Baca juga: Furnitur Multifungsi Dapat Digunakan di Rumah Besar, Ini Syaratnya

Sementara itu, Sobur menjelaskan, produk yang masuk dalam pameran ini sudah memasuki tahap kurasi yang dilakukan selama dua tahun.

"Syarat untuk masuk ke pameran ini adalah layak ekspor, termasuk sisi sustainable produk," ujar Sobur.

Hingga kini, tercatat ada beberapa buyer dari mancanegara tertinggi seperti Singapura, Australia, India, Malaysia, dan Amerika Serikat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.