Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini 6 Cara Memilih Furnitur untuk Ruang Kecil

Kompas.com - 14/08/2022, 08:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang kecil memiliki banyak tantangan, salah satunya memilih furnitur yang tepat. Sebab, salah memilih furnitur bisa membuat ruangan semakin kecil.

Untuk ruang kecil, pilih furnitur yang tidak menghalangi pandangan Anda dari satu area ke area lain. Cobalah rak buku sisi terbuka, meja kaca atau akrilik, dan kursi dengan profil ramping, yang akan memenuhi ruangan dengan kenyamanan serta kegunaan tanpa membuatnya tampak sesak.

Untuk lebih jelasnya, dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (14/8/2022), berikut cara memilih furnitur untuk ruang kecil.  

Baca juga: Gampang, Ini 5 Cara Membuat Ruang Kecil Tampak Lebih Besar dan Praktis

Furnitur yang ramping

Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecilUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi ruang kecil atau ruang tamu kecil
Furnitur yang rapi dan pas akan sesuai dengan ruang kecil Anda. Untuk sofa, pilih sofa berlengan dan punggung dengan banyak bantalan agar tampak terlalu memenuhi ruangan.

Pilih sofa berlengan kecil dan punggung berlapis kain. Untuk kursi lain, cari kursi dengan kaki ramping di meja makan dan pertahankan tempat tidur dengan sandaran kepala sederhana. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Sofa Sectional Terbaik untuk Ruang Tamu

Letakkan furnitur di sisi dinding 

Bila memungkinkan, selipkan furnitur di sekeliling ruangan untuk menghindari memakan ruang lantai yang berharga.

Letakkan rak buku ke dinding, buat bangku di bawah jendela, dan pasang televisi. Selan itu, menggunakan beberapa furnitur mengapung (seperti rak dinding) dapat menciptakan ruang terbuka yang secara visual memperluas ruangan. 

Tambahkan penyimpanan sekunder

Biasanya, rumah kecil kekurangan tempat penyimpanan. Itulah mengapa sangat berharga menemukan furnitur yang memiliki ruang penyimpanan. 

Carilah meja dengan laci atau rak dan sandaran dengan kompartemen tersembunyi.  

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Membeli Furnitur Secara Online

Furnitur berfungsi ganda

Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil, ilustrasi ruang kecil, ilustrasi ruang santai.

Untuk ruang kecil, sebaiknya memilih furnitur berfungsi ganda atau furnitur serbaguna.

Misalnya, daybed adalah sofa yang nyaman untuk digunakan pada siang hari sebagai tempat tidur dengan cara menariknya. Selain sofa, cara lain adalah menggunakan meja rias sebagai nakas. 

Baca juga: Kayu Solid Vs Particle Board, Mana Lebih Baik untuk Material Furnitur?

Furnitur kecil serbaguna

Cara lain, berinvestasi dalam furnitur dengan potongan kecil dan ringan yang dapat mudah dipindahkan ke mana pun Anda membutuhkannya.

Sebuah rak kecil bertingkat, misalnya, bertindak sebagai area persiapan dapur tambahan yang dapat dipindahkan ke ruang tamu untuk berfungsi sebagai rak bar atau stasiun makanan pembuka ketika tamu datang. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Furnitur yang Rusak Terpapar Sinar Matahari

Gunakan partisi

Meski tampak kontraproduktif, menggunakan partisi ruang ekstra membuat semua ruangan tampak lebih besar.

Jika Anda tinggal di apartemen studio, palsukan kamar ekstra dengan bantuan tirai atau panel lipat. Tempatkan sekat yang berdekatan dengan sudut untuk membuat ruang kerja atau di dapur untuk ruang makan dadakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com