Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 13:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjual rumah bisa menjadi proses yang panjang dan rumit karena ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan serta dipertimbangkan dengan matang agar mengambil keputusan tepat.

Namun, ada beberapa orang yang bingung saat ingin menjual rumah. Apakah perlu menjualnya atau tidak? 

Baca juga: 9 Hal yang Perlu Dikerjakan Sebelum Menjual Rumah

Jika Anda mempertimbangkan menjual rumah, ada beberapa tanda yang dapat membantu untuk memutuskan apakah ini waktu dan keputusan tepat.

Dikutip dari My Decorative, Jumat (19/8/2022), berikut beberapa tanda saatnya perlu menjual rumah yang paling umum. 

Rumah sudah tak lagi nyaman

Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.Shutterstock/Imagenet Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.
Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk membuat rumah nyaman dan mengundang, Namun, seiring waktu, banyak hal di rumah yang dapat berubah.

Mungkin lingkungan rumah yang dulunya sunyi menjadi bising dan kacau dan jumlah keluarga yang bertambah membuat rumah terasa sempit. Hal ini menjadi tanda sudah waktunya menjual rumah.

Bukan hal mudah untuk memutuskan pindah rumah, tetapi bila Anda dan keluarga Anda sudah tidak lagi bahagia dan nyaman dapat menjadi tanda perlu menjual rumah.  

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berencana Menjual Rumah  

Berjuang melakukan pemeliharaan

Kepemilikan rumah datang dengan banyak tanggung jawab. Selain pembayaran hipotek, ada juga pajak properti, asuransi, dan utilitas yang harus dibayar.

Belum lagi, perawatan konstan yang diperlukan untuk menjaga rumah dalam kondisi baik. Bagi banyak pemilik rumah, biaya perawatan bisa menjadi beban.

Jika Anda kesulitan mengikuti perbaikan, mungkin ini tanda saatnya perlu menjual rumah. Dengan menjual rumah, Anda dapat membebaskan sejumlah uang ekstra untuk pemeliharaan yang dapat digunakan untuk menutupi biaya rumah atau apartemen yang lebih kecil.

Pemeliharaan tidak lagi menjadi tanggung jawab Anda sehingga memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam menghabiskan waktu dan uang. Jika merasa terbebani dan lelah, mungkin sudah saatnya menjual rumah. 

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini 3 Tips Menjual Rumah dengan Cepat 

Pasar penjual berkembang

Ilustrasi rumah minimalis. SHUTTERSTOCK/AHMAD SAIFULLOH Ilustrasi rumah minimalis.
Jika mempertimbangkan menjual rumah, Anda mungkin bertanya-tanya apakah sekarang adalah waktu yang tepat.

Bagaimanapun, waktu adalah segalanya dalam hal real estate. Untungnya, beberapa kunci dapat membantu Anda memutuskan menjual rumah, salah satu yang paling penting adalah keadaan pasar penjual.

Secara umum, pasar penjual menunjukkan bahwa ada lebih banyak pembeli daripada jumlah rumah di pasar. Ketidakseimbangan ini menaikkan harga dan membuatnya lebih mudah  menjual rumah dengan cepat.

Apabila tinggal di daerah di mana rumah dijual dengan cepatdengan harga mahal, mungkin ini tanda saatnya menjual rumah Anda. 

Baca juga: Mau Menjual Rumah? Ikuti 5 Tips Feng Shui Ini Dulu 

Siap secara emosional

Menjual rumah adalah keputusan besar dan tidak boleh dianggap enteng. Jika merasa stres atau cemas tentang ide menjual rumah, mungkin ini bukan waktu yang tepat.

Di sisi lain, apabila merasa bersemangat dan siap untuk perubahan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda secara emosional siap menjual rumah.

Menjual rumah adalah keputusan besar dengan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan. Jika berpikir ingin menjual rumah, pastikan memperhatikan tanda-tandanya.

Bila rumah tidak lagi nyaman, Anda berjuang untuk menjaga pemeliharaan serta siap secara emosional untuk menjual. Begitu pun, saat pasar penjual berkembang, mungkin ini menjadi tanda saatnya perlu menjual rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com