Kompas.com - 19/08/2022, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjual rumah bisa menjadi proses yang panjang dan rumit karena ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan serta dipertimbangkan dengan matang agar mengambil keputusan tepat.

Namun, ada beberapa orang yang bingung saat ingin menjual rumah. Apakah perlu menjualnya atau tidak? 

Baca juga: 9 Hal yang Perlu Dikerjakan Sebelum Menjual Rumah

Jika Anda mempertimbangkan menjual rumah, ada beberapa tanda yang dapat membantu untuk memutuskan apakah ini waktu dan keputusan tepat.

Dikutip dari My Decorative, Jumat (19/8/2022), berikut beberapa tanda saatnya perlu menjual rumah yang paling umum. 

Rumah sudah tak lagi nyaman

Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.Shutterstock/Imagenet Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.
Kebanyakan orang menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk membuat rumah nyaman dan mengundang, Namun, seiring waktu, banyak hal di rumah yang dapat berubah.

Mungkin lingkungan rumah yang dulunya sunyi menjadi bising dan kacau dan jumlah keluarga yang bertambah membuat rumah terasa sempit. Hal ini menjadi tanda sudah waktunya menjual rumah.

Bukan hal mudah untuk memutuskan pindah rumah, tetapi bila Anda dan keluarga Anda sudah tidak lagi bahagia dan nyaman dapat menjadi tanda perlu menjual rumah.  

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berencana Menjual Rumah  

Berjuang melakukan pemeliharaan

Kepemilikan rumah datang dengan banyak tanggung jawab. Selain pembayaran hipotek, ada juga pajak properti, asuransi, dan utilitas yang harus dibayar.

Belum lagi, perawatan konstan yang diperlukan untuk menjaga rumah dalam kondisi baik. Bagi banyak pemilik rumah, biaya perawatan bisa menjadi beban.

Jika Anda kesulitan mengikuti perbaikan, mungkin ini tanda saatnya perlu menjual rumah. Dengan menjual rumah, Anda dapat membebaskan sejumlah uang ekstra untuk pemeliharaan yang dapat digunakan untuk menutupi biaya rumah atau apartemen yang lebih kecil.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.