Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2022, 09:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Rover

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi yang memelihara lebih dari satu anjing, tidak dapat dipungkiri bahwa mereka pasti memiliki satu yang paling disukai. Seperti manusia, sahabat bulu memiliki manusia favoritnya tersendiri.

Meski mereka senang menghabiskan waktu denganmu, mungkin kamu pernah memerhatikan anjing peliharaan lebih senang bermain dengan pemiliknya yang lain.

Baca juga: 7 Penyebab Mata Anjing Memerah, Harus Bagaimana?

Disadur dari Rover, Selasa (12/7/2022), ada berbagai macam hal yang menjadi pertimbangan bagi sahabat bulu saat memilih manusia kesukaannya.

Jika ingin dipilih sebagai manusia favorit anjing peliharaan, simak selengkapnya.

Cara anjing memilih manusia favoritnya

Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.SHUTTERSTOCK / LanaG Ilustrasi anjing, ilustrasi harness anjing, ilustrasi mengajak anjing jalan-jalan, ilustrasi anjing jalan-jalan.

  • Sosialisasi

Banyak anjing memiliki hubungan yang sangat erat dengan siapa pun yang merawatnya selama periode sosialisasi utama, yakni antara periode kelahiran dan saat mereka berusia enam bulan.

Pada usia ini, otak anjing sangat reseptif. Pengalaman sosial awalnya memengaruhi sahabat bulu selama sisa hidupnya.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan anak anjing memiliki interaksi yang positif dengan berbagai macam orang, tempat, dan benda.

Bagi anjing yang cenderung lebih menyukai pria, misalnya, ada kemungkinan mereka memiliki lebih banyak pengalaman positif dengan pengasuh pria ketika masih kecil.

Bagaimana jika anjing sudah dewasa?

Jika mengadopsi anjing yang sudah dewasa, kamu tetap masih bisa menjadi manusia kesukaannya. Sebab, periode sosialisasi lanjutan masih bisa memengaruhi pengalaman sosialnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com