Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Anjing Suka Dielus pada Bagian Perutnya? Ini Alasannya

Kompas.com - 28/06/2022, 17:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat sedang bermain bersama anjing peliharaan, ada beberapa tingkah lucu dan aneh yang ditunjukkan sahabat bulu seperti langsung berbaring dan menunjukkan perutnya.

Ketika itu, kita pun akan mengelus perut anjing. Anjing pun menunjukkan ekspresi senang seperti tersenyum, lidah menjulur, dan ekor yang mengayun ke kanan dan ke kiri.

Baca juga: Ketahui, Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Anak Anjing

Hal ini membuat pemilik anjing berpikir bahwa sahabat bulu menyukai saat perutnya dielus. Namun, apakah hal ini benar?

Disitat dari The Spruce Pets, Selasa (28/6/2022), ada dua alasan utama anjing menunjukkan perutnya kepada pemiliknya, yakni sebagai perilaku submisif dan menginginkan perutnya dielus. 

Submisif 

Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.SHUTTERSTOCK / Mary Swift Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.

Anjing yang menunjukkan perilaku submisif mencoba meredakan ketegangan sosial dengan menunjukkan bahwa mereka bukan ancaman.

Mengelus anjing yang menunjukkan perilaku submisif dapat membuatnya lebih gugup karena kamu menyentuhnya pada bagian tubuh yang sangat rentan.

Baca juga: Alasan Anjing Melompat ke Manusia dan Cara Menghentikannya

Umumnya, bahasa tubuh anjing akan menunjukkan tubuh yang tegang dan mulut yang ditarik jauh ke belakang seperti sedang meringis ketakutan.

Namun, mulut anjing juga dapat tertutup dan terlihat banyak menjilat bibir atau mengeluarkan lidah secara cepat (tongue flicking). 

Kemudian, matanya akan terbuka lebar dan menatap ke kejauhan, menunjukkan bagian putih matanya saat melihat ke arahmu tanpa menoleh atau matanya akan menyipit dan terlihat tegang.

Ekornya akan diam atau bergoyang-goyang, tetapi ada ketegangan pada pangkal ekor. Posisi ekor juga mungkin terselip. Anjing pun akan hening atau mengeluarkan suara rengekan pelan. 

Baca juga: 8 Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya 

Ingin perutnya dielus 

Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.SHUTTERSTOCK / Mary Swift Ilustrasi anjing - Mengelus perut anjing.

Anjing yang menginginkan perutnya dielus biasanya akan menunjukkan bahasa tubuh yang santai dan bergoyang serta mulut terbuka dan lidah menjulur.

Kemudian matanya terbuka atau menyipit dan terlihat cerah, ekor yang santai dan bergoyang-goyang, dan mengeluarkan suara seperti tertawa, terengah-engah, atau hening.

Baca juga: 7 Tips Membuat Rumah Anjing Terasa Sejuk dan Nyaman

Kenapa anjing menyukai perutnya dielus?

Memang tidak ada alasan tepat mengapa anjing menyukai perutnya dielus. Namun, anjing tidak bisa menggaruk perutnya sendiri dengan mudah. Jadi, anjing cenderung mengandalkan manusia untuk meminta bantuan.

Kebanyakan anjing juga suka berguling-guling di karpet atau rumput untuk menggaruk punggungnya. Anjing senang dielus perutnya sambil menggaruk punggungnya.

Meski bisa menjangkau bahu, leher, dan wajahnya sendiri, anjing tidak memiliki cara tepat untuk menggaruk perutnya sendiri.

Perilaku ini sama dengan manusia yang menyukai saat seseorang menggosok punggung atau bagian tubuh lainnya yang terasa gatal, tetapi sulit dijangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com