Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2022, 14:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing membutuhkan biaya yang tak sedikit. Pasalnya, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, dari makanan dan nutrisi, perawatan ke dokter hewan, pelatihan, hingga mainan hewan. 

Karena itu, sebelum memutuskan memelihara anjing, Anda harus telah memikirkan hal ini matang-matang. Apalagi, komitmen memelihara anjing butuh waktu panjang, bukan setahun dua tahun. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Penyebab Anjing Gatal-gatal

Namun, biaya kebutuhan ini bisa berbeda pada masing-masing anjing, tergantung ras dan ukurannya. Misalnya, ras anjing besar bisa membutuhkan biaya mahal, bahkan hingga puluhan juta. 

Hal ini karena anjing besar membutuhkan makanan serta pelatihan lebih banyak. Karena itu, apabila mempunyai anggaran terbatas, sebaiknya tidak memelihara ras anjing besar.

Untungnya, ada beberapa ras anjing dengan biaya perawatan rendah, dari ras anjing mainan hingga berukuran sedang. 

Nah, dilansir dari Reader's Digest, Rabu (12/10/2022), berikut sejumlah ras anjing dengan biaya perawatan minim

Baca juga: 7 Hal Berbahaya yang Dilakukan Pemilik Anjing Tanpa Disadari

Chihuahua

Ilustrasi ras anjing Chihuahua. PIXABAY/HG-FOTOGRAFIE Ilustrasi ras anjing Chihuahua.
Anjing Chihuahua hanya berukuran 15-22 sentimeter dengan berat 1,3-2,7 kilogram. Meski kecil, Chihuahua memiliki harapan hidup yang panjang, bahkan sering hidup hingga 16 tahun.

Namun, ras anjing kecil ini mempunyai biaya perawatan yang murah lantaran ukuran tubuhnya yang kecil serta sehat secara keseluruhan. Artinya, Anda tidak akan membayar biaya dokter hewan yang tinggi untuk tahun-tahun mendatang.

Selain itu, anjing Chihuahua tidak memerlukan banyak perjalanan ke groomer atau salon hewan. Pilih Chihuahua dengan bulu pendek agar tidak terlalu sering merawatnya.

Namun, Chihuahua dikenal memiliki tingkat energi dan kewaspadaannya yang tinggi. Anjing ini sangat berhati-hati dengan orang asing. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan hal ini sebelum memelihara Chihuahua. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Bermata Hijau yang Langka dan Tampak Indah 

Beagle

Selanjutnya, ras anjing dengan biaya perawatan minim adalah Beagle. Anak anjing yang selalu ceria ini hadir dalam dua ukuran berbeda. Pertama, memiliki tinggi 33 sentimeter dan berat sembilan kilogram. 

Kedua, mempunyai tinggi 33-38 sentimeter dan berat 13 kilogram. Anjing Beagle dibiakkan untuk berburu dalam kelompok serta lebih suka bergaul dengan hewan peliharaan dan orang lain daripada dibiarkan sendirian.

Beagle suka bersenang-senang dan teman bermain yang luar biasa untuk anak-anak. Seperti kebanyakan anjing berbulu pendek, Beagle memiliki anggaran rendah dalam hal biaya perawatan.

Beagle memerlukan perawatan menyikat gigi secara mingguan dan mandi sesekali. Namun, perlu sering memeriksa telinga yang beludru dan terkulai itu serta membersihkannya. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog 

Dalmatian

Dalmatian terlahir sepenuhnya putih, tapi setelah dua minggu, anjing ini mendapatkan bintik-bintik hitam pada tubuhnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com