Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2022, 19:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan hewan yang memiliki banyak keunikan, baik bentuk fisik maupun perilaku.

Misalnya, untuk bentuk tubuh, ada beberapa ras anjing yang memiliki bentuk tubuh unik daripada lainnya. Salah satunya, moncong atau wajah yang panjang layaknya wajah kuda

Baca juga: Tanda-tanda dan Cara Membuat Anjing Peliharaan Bahagia

Meski begitu, ras anjing berwajah panjang ini tak kalah lucu dan menggemaskan seperti anjing lainnya. Bahkan, beberapa memberikan kehabagian, setia, serta penuh kasih dengan keluarga manusia mereka. 

Anjing berwajah panjang bukan tanpa alasan. Anjing ini awalnya dibiakkan untuk berburu dengan indra penciuman dan pengelihatan yang tajam. 

Anjing berwajah dan moncong panjang telah lama dihargai karena keterampilan superior mereka dalam membantu pemburu melacak dan menangkap hewan buruan.

Namun, saat ini, anjing-anjing yang dikenal sebagai dolichocephalics—istilah untuk hewan yang tengkoraknya jauh lebih panjang daripada lebarnya—menjadi anjing peliharaan yang meringkuk di sofa meski sebagian memerlukan olahraga teratur. 

Nah, dilansir dari Reader's Digest, Kamis (17/10/2022), berikut sejumlah ras anjing berwajah panjang

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Lhasa Apso, Ras Purba dan Dianggap Suci 

Rough collie 

Ilustrasi anjing Rough collie. PIXABAY/artoxana Ilustrasi anjing Rough collie.
Rough collie hari ini menjadi anjing peliharaan yang lebih senang tidur di lantai ubin yang dingin daripada menggembalakan ternak. 

Meski begitu, Rough collie yang bertubuh sedang, berambut panjang, dan anjing berwajah panjang ini masih menjadi anjing keluarga yang hebat.

Ras anjing ini dikenal cerdas, setia, dan waspada terhadap anak-anak kecil. Rough collie juga memiliki bulu mewah yang perlu disikat secara teratur. 

Namun, anjing ini tidak tahan panas atau berlari dalam waktu lama serta tidak suka ditinggal sendirian untuk waktu lama. 

Rough collie akan menggonggong ketika merasa bosan atau kesepian, jadi jangan pernah meninggalkan mereka sendiri. 

Baca juga: Mengenal Anjing Rottweiler, dari Sejarah, Karakter, hingga Perawatan 

Borzoi (Russian wolfhound)

Dalam kontes anjing dengan moncong atau wajah terpanjang, Borzoi, pernah memenanginya. Dibesarkan di Tsar Rusia untuk berburu rubah, serigala, dan mangsa yang bergerak cepat lainnya, Borzoi adalah anjing pengintai berkaki armada yang berlapis sutra.

Tingginya bisa sekitar 76 sentimeter dan hidung terpanjang yang pernah tercatat di Borzoi berukuran lebih dari 30 sentimer.

Namun, anjing berwajah panjang ini adalah anjing sofa yang santai dan tenang dengan latihan singkat. Bulu mereka banyak rontok dan membutuhkan banyak penyikatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com