Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 09:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal identik dengan pohon Natal. Rasanya, dekorasi Natal  kurang lengkap dan sempurna tanpa kehadiran pohon Natal. 

Tak heran, banyak orang menghadirkan pohon Natal di rumah mereka dan menghiasinya dengan berbagai ornamen untuk semakin mempercantik tampilannya. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Natal

Namun, bila rumah memiliki kucing peliharaan, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, pohon Natal yang dihiasi dengan beragam hiasan atau aksesori bisa menjadi sasaran empuk untuk kucing menghancurinya. 

Kucing merupakan hewan dengan rasa penasaran tinggi. Kucing terkenal suka masuk ke pohon Natal dan menjatuhkan semua aksesori atau ornamen yang ada, bahkan tak jarang menghancurkan sepenuhnya. 

Karena alasan ini, banyak orang memilih menjauhkan kucing peliharaan mereka dari pohon Natal. Namun, menjauhkan kucing dari pohon Natal tidaklah mudah. Ini membutuhkan kecerdikan, kesabaran, dan pelatihan.  

Dikutip dari Cuteness, Sabtu (3/12/2022), berikut cara menjauhkan kucing peliharaan dari pohon Natal agar tidak merusaknya. 

Baca juga: 3 Tips Meletakkan Pohon Natal di Ruang Keluarga Kecil 

Beri kucing waktu menyesuaikan diri dengan pohon Natal 

Ilustrasi kucing bermain di pohon Natal.Shutterstock/Sharomka Ilustrasi kucing bermain di pohon Natal.
Letakkan pohon Natal beberapa hari sebelum Anda mulai mendekorasi. Seperti dijelaskan sebelumnya, kucing pada dasarnya adalah hewan yang penasaran.

Jadi, kucing secara alami ingin mencium, menjelajahi, dan memanjat sesuatu yang baru yang muncul di rumah mereka. 

Beberapa kucing mungkin kehilangan minat setelah beberapa hari, jadi jangan langsung menggantung ornamen apa pun untuk melihat apakah ras penasarannya telah memudar. 

Baca juga: Cara Meletakkan Pohon Natal di Ruangan Menurut Feng Shui

Minimalkan godaan pohon Natal 

Selanjutnya, cara menjauhkan kucing peliharaan dari pohon Natal adalah meminimalkan godaan pohon Natal.

Hiasi pohon Natal semenarik mungkin, tapi pastikan tidak ada tali atau ornamen  menggantung yang dapat menarik kucing peliharaan untuk bermain dengan tali tersebut.

Setelah itu, kencangkan setiap kabel dengan selotip serta hindari dekorasi yang berderak atau mengeluarkan suara saat disentuh karen dapat mengingatkan kucing akan mainan serta membuatnya semakin sering bermain.

Selain itu, pastikan hanya ada sedikit dekorasi di dahan yang lebih rendah sehingga kucing peliharaan tidak akan tergoda untuk mengitarinya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengadopsi Kucing Berbulu Panjang 

Minimalkan aksesibilitas pohon 

Ilustrasi pohon Natal.Shutterstock/Sergei_Salnikov Ilustrasi pohon Natal.
Sebisa mungkin meletakkan pohon Natal di tempat yang tidak mudah dijangkau kucing peliharan. Letakkan pohon Natal di tempat yang tidak sering kucing nongkrong dan pastikan tidak dekat dengan area makanan kucing atau kotak kotorannya.

Singkirkan semua kursi atau meja yang bisa digunakan kucing peliharaan sebagai tangga untuk mencapai bagian pohon Natal yang lebih tinggi.

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com