Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing Lhasa Apso, Ras Purba dan Dianggap Suci

Kompas.com - 13/10/2022, 12:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lhasa apso adalah ras anjing pangkuan dengan tinggi dari 22-27 sentimeter dan berat 5,8 hingga delapan kilogram. 

Meski kecil, anjing Lhasa apso umumnya tidak seperti anjing pangkuan. Sebaliknya, ukurannya yang kecil menyembunyikan kepribadian yang jauh lebih besar dari sebenarnya, yang membuatnya sebagai anjing penjaga dalam ruangan terbaik.  

Baca juga: Mengenal Sejarah, Jenis, dan Cara Merawat Anjing Shih Tzu

Anjing Lhasa apso memiliki tampilan unik dan menggemaskan. Anjing ini mempunyai kepala tampak bulat dengan bulu tebal dan panjang yang menjadi ciri khasnya. 

Saking panjangnya, bulu tersebut bisa menutupi wajah dan mata anjing Lhasa apso. Selain itu, ras anjing ini mempunyai moncong sedikit lebih pendek. 

Lhasa apso awalnya dibiakkan sebagai anjing penjaga kuil dan biara di pegunungan Tibet pada ribuan tahun lalu.

Nah, untuk mengenal lebih jauh, berikut fakta menarik anjing Lhasa apso dikutip dari Cuteness dan AKC, Kamis (13/10/2022).  

Baca juga: 5 Ras Anjing dengan Biaya Perawatan Minim

Berasal dari Tibet dan ras anjing purba

Ilustrasi anjing Lhasa apso.Shutterstock/robertos0621 Ilustrasi anjing Lhasa apso.
American Lhasa Apso Club menunjukkan bahwa ras anjing ini berasal dari Tibet kemungkinan sejak 800 Sebelum Masehi. Selama berabad-abad, Lhasa apso hidup dalam isolasi dengan umat Buddha Tibet di Pegunungan Himalaya.

Namun, pada 1933, pemimpin spritual Tibet, Dalai Lama ke-13, memberikan hadiah sepasang anjing Lhasa apso kepada seorang pengelana bernama Charles Suydam Cutting dari New Jersey, Amerika Serikat (AS). 

Dari situ, anjing kecil itu menjadi populer di AS dan banyak negara. Meski lucu dan menggemaskan, Lhasa apso hampir tidak pernah dijual, tetapi sering diberikan sebagai hadiah yang sangat berharga dan menandakan keberuntungan bila Anda menerimanya. 

Baca juga: 9 Ras Anjing Kesayangan Kerajaan Inggris, dari Corgi sampai Beagle

Sudah diakui sejak 1935 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Lhasa apso adalah sudah diakui American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, dan menyetujui standar trahnya pada 1935. Lhasa apso juga merupakan anjing ke-97 yang diakui kelompok tersebut.

Ketika pertama kali datang ke AS, ras anjing ini dikenal sebagai Lhasa terrier dan ditugaskan ke Grup Terrier. Pada 1956, anjing Lhasa apso ditugaskan ke Grup Non-Olahraga, yang oleh AKC dianggap sebagai anjing rumahan dan anjing penjaga yang baik. 

Baca juga: Sejarah Hubungan Anjing Dalmatian dan Pemadam Kebakaran

Lhasa apso dinamai untuk kota para dewa 

Ilustrasi anjing Lhasa apso.Shutterstock/Ricantimages Ilustrasi anjing Lhasa apso.
Lhasa adalah nama ibu kota di Tibet. Dalam bahasa Tibet, kata Lhasa secara harfiah berarti "kota para Dewa", dari "lha" yang berarti "dewa" dan "sa" yang berarti "kota".

Sedangkan arti kata "apso" kurang jelas. Merriam Webster mengatakan itu berarti "anjing berbulu kecil". 

AKC mengatakan kata "apso" mungkin saja salah mengeja kata "abso" yang merupakan bagian dari nama asli ras Tibet, "abso seng kye." 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Maltese, Dicintai Bangsawan dan Hewan Terkaya

Lhaso apso adalah singa yang menggonggong 

Di Tibet, Lhasa apso menggunakan nama aslinya, yakni Abso Seng Kye. Nama tersebut berarti Anjing Penjaga Singa Menggonggong. Ini mengisyaratkan bahwa sejarah Lhaso apso sebagai anjing penjaga dalam ruangan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com