Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMemelihara anjing di rumah tak hanya memberi kebahagiaan, mengusir stres, dan menghilangkan kesepian, tapi juga berdampak baik bagi kesehatan pemilik. 

Nah, berikut ini sejumlah manfaat kesehatan memelihara anjing dikutip dari American Kennel Club (AKC), Kamis (1/12/2022). 

Baca juga: 4 Penyebab Anjing Membuang Kotoran Sembarangan di Rumah

Ilustrasi anjing dan pemiliknya. Studi ungkap bahwa anjing bisa mengenali suara manusia, dalam hal ini pemiliknya. Ini membuktikan bahwa anjing adalah hewan cerdas.shutterstock Ilustrasi anjing dan pemiliknya. Studi ungkap bahwa anjing bisa mengenali suara manusia, dalam hal ini pemiliknya. Ini membuktikan bahwa anjing adalah hewan cerdas.

Memiliki risiko kematian lebih rendah

Menurut tinjauan komprehensif terhadap studi yang diterbitkan antara 1950-2019, memelihara anjing dapat membantu manusia hidup lebih lama.

Tinjauan bertajuk “Dog Ownership and Survival A Systematic Review and Meta-Analysis” ini dipublikasi pada 2019 itu menemukan bahwa pemilik anjing memiliki risiko kematian lebih rendah, tekanan darah lebih rendan, dan respons lebih baik terhadap stres.

Orang yang pernah mengalami kejadian jantung koroner sebelumnya memiliki tingkat pengurangan risiko kematian lebih tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa ikatan antara anjing dan manusia mengurangi stres, yang mana stres adalah penyebab utama masalah kardiovaskular. 

Baca juga: 8 Masalah Kesehatan yang Kerap Mengintai Ras Anjing Populer

Membantu menghentikan stres

Ilustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown Covid-19.SHUTTERSTOCK/Olena Yakobchuk Ilustrasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing atau lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mental pemiliknya selama lockdown Covid-19.

Kehadiran sahabat bulu dapat memberikan kenyamanan dan meredakan kekhawatiran. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anjing dan anjing terapi dapat membantu mengurangi stres serta kecemasan. 

Bahkan, hanya mengelus anjing yang sudah dikenal dapat mengurangi tekanan darah, detak jantung, memperlambat pernapasan, dan melemaskan otot yang tegang.

Sebuah studi bertajuk “Animal Visitation Program (AVP) Reduces Cortisol Levels of University Students: A Randomized Controlled Trial” yang dilakukan para peneliti di Washington State University, AS, pada 2019 menunjukkan, hanya mengelus anjing selama 10 menit dapat memberikan dampak signifikan pada penurunan kortisol, yakni hormon stres utama.

Baca juga: Ragam Tanda Anjing Hamil dan Cara Mengetahuinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+