Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengawasi Anjing Perliharaan yang Ditinggal Sendirian di Rumah

Kompas.com - 26/11/2022, 14:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber akc.org

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalkan anjing peliharaan sendiri di rumah untuk waktu lama, seperti bekerja, tentu membuat banyak pemilik merasa was-was. 

Sejumlah kekhawatiran terhadap anak bulu pun muncul, dari apakah anjing dalam keadaan tenang, sudah makan, atau anjing merasa bosan dan merusak semuanya? 

Baca juga: 6 Cara Membuat Anjing Tua Tetap Muda dan Aktif

Namun, nyatanya kebanyakan anjing peliharaan beristirahat saat tinggal pergi pemiliknya. Ini terungkap dalah sebuah studi berbasis video yang dilakukan pada 2021 mengikuti 32 anjing di rumah tangga dengan satu anjing dan 45 anjing di rumah dengan banyak anjing.

Peneliti menemukan bahwa anjing secara umum menunjukkan aktivitas fisik dan vokal yang rendah saat sendirian di rumah.

Anjing jantan lebih cenderung tinggal di dekat pintu, tetapi anjing di rumah tangga dengan banyak anjing peliharaan lebih aktif.

“Kami tahu anjing sangat sosial dan ingin bersama kami,” kata Mary Burch, ahli perilaku hewan bersertifikat dan Direktur AKC Family Dog Program dilansir dari AKC, Sabtu (26/11/2022). 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berbulu Panjang yang Cantik dan Menggemaskan 

Cara mengawasi anjing peliharaan di rumah

Ilustrasi anjing Australian shepherd bermata biru, Ilustrasi anjing bermata biru.Shutterstock/Heather Skau Ilustrasi anjing Australian shepherd bermata biru, Ilustrasi anjing bermata biru.
Ketika anjing menjadi cemas atau bosan ketika ditinggalkan di rumah, tidak ada yang tahu apa yang dilakukannya untuk mengisi waktu.

“Mengunyah bantal, mengambil dan memakan makanan dari konter, serta memakan benda-benda yang tidak bisa dimakan adalah hal-hal yang dilakukan anjing saat sendirian di rumah. Perilaku ini berpotensi berbahaya,” ucap Burch.

Memasang kamera pengintai atau CCTV dapat menjadi cara efektif untuk melihat serta menjaga anjing kapan saja dan di mana saja. 

Selain itu, memasang ring indoor camera yang memiliki live view definisi tinggi dan two-way talk juga dapat membantu melihat, mendengar, serta berkomunikasi dengan anjing peliharaan. 

Cukup colokkan dan pantau perilaku anjing melalui Aplikasi Dering. Plus, dapatkan peringatan untuk mengetahui kapan anak anjing peliharaan bangun dan apa saja yang ada di sekitarnya. 

Baca juga: 5 Sumber Omega-3 untuk Anjing Peliharaan 

Hal-hal yang dilakukan anjing saat sendiri di rumah 

Sementara sebagian besar anjing mungkin hanya kedinginan saat menunggu Anda kembali, beberapa hewan peliharaan mencari lebih banyak hiburan.

“Kebosanan dan kurangnya olahraga untuk anjing dapat menyebabkan kenakalan saat Anda pergi atau membuat frustrasi pemiliknya. Beberapa anjing menonton televisi jika dibiarkan menyala untuk mereka," ujarnya. 

Beberapa pemilik menangkap beberapa tingkah lucu yang dialami anjing saat pemiliknya pergi. 

Baca juga: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Cara Mencegah Batuk Anjing 

Hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan anjing di rumah

Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.Unsplash/mbriney Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.
Sebagai pemilik anjing yang bertanggung jawab, Anda harus mempersiapkan kebutuhan anjing selama meninggalkannya di rumah. Berikut hal-hal yang harus dilakukan.

Halaman:
Sumber akc.org
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com