Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Memberikan Makanan Mentah pada Anjing Peliharaan

Kompas.com - 25/11/2022, 18:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hepper

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pemilik anjing peliharaan yang memberikan daging mentah, tulang, dan produk segar lainnya sebagai makanan anjing

Meski menjadi salah satu masalah paling kontroversial dalam nutrisi anjing, memberikan makanan mentah untuk anjing diklaim dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Namun, beberapa dokter hewan untuk tetap berhati-hati dan tidak mengganggapnya sebagai hal ilmiah. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Barbet, Anjing Asal Prancis yang Mulai Langka

Asal usul diet makanan anjing mentah 

Ilustrasi anjing makan.Shutterstock/Javier Brosch Ilustrasi anjing makan.
Diet makanan anjing mentah sering dianggap sebagai diet yang lebih "alami" untuk anjing yang memungkinkan berhubungan dengan leluhur liar dan karnivora mereka.

Awalnya dianjurkan oleh karya dokter hewan Australia, Ian Billinghurst, dalam bukunya Give Your Dog A Bone: The Practical Commonsense Way to Feed Dogs for a Long Healthy Life, diet makanan anjing mentah pertama kali diusulkan sebagai solusi untuk efek merugikan dari makan berlebihan. 

Billinghurst secara luas dianggap sebagai "bapak" makanan mentah hewan peliharaan. Anjing dewasa diklaim akan menikmati kesehatan terbaik mereka dengan diet berdasarkan kebiasaan makan anjing pra-domestikasi. 

Baca juga: 5 Sumber Omega-3 untuk Anjing Peliharaan 

Diet makanan anjing mentah menekankan makan tulang mentah, daging dan sisa sayuran, serta sebagian kecil biji-bijian mentah berkualitas tinggi. 

Saat ini, variasi dari rekomendasi asli Billinghurst mencakup campuran makanan mentah beku-kering dan kombinasi siap pakai yang dimaksudkan untuk dicampur dengan daging mentah di rumah. 

Namun, dilansir dari Hepper, Jumat (25/11/2022), memberikan diet makanan anjing mentah pada sahabat bulu rupanya memiliki sejumlah manfaat seperti berikut. 

Baca juga: Seberapa Penting Omega-3 untuk Anjing Peliharaan? 

Kesehatan tulang dan gigi lebih baik

Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan. Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing makan. Cokelat bisa berbahaya untuk anjing. Anjing makan cokelat bisa menyebabkan mereka keracunan.
Memasukkan tulang utuh dalam makanan anjing dapat membantu menyeimbangkan kadar kalsium dan fosfornya, dua nutrisi penting untuk kesehatan tulang serta gigi anjing. 

Meningkatkan kesehatan kulit dan bulu 

Memberi makan anjing lebih sedikit bahan sintetis dan menyediakan semua nutrisinya dalam bentuk yang sangat tersedia secara hayati yang ditawarkan diet makanan mentah dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat dan bulu lebih berkilau meskipun memerlukan beberapa waktu untuk terwujud.  

Baca juga: Jangan Memberikan Anjing Tulang yang Dimasak, Ini Bahayanya 

Ketersediaan protein tinggi

Selanjutnya, manfaat makanan anjing mentah adalah menyediakan proten tinggi. Pemrosesan panas tinggi yang dialami makanan anjing komersial memiliki efek negatif pada struktur protein, membatasi ketersediaan hayati asam amino esensial, dan mengurangi kemampuan hewan peliharaan untuk memanfaatkan protein.

Karena diet mentah tidak mengekspos proteinnya ke suhu tinggi, struktur protein tidak berubah dan lengkap dalam asam amino sehingga lebih tersedia dan mudah dicerna.

Dampak ekologis rendah

Dengan menghilangkan beberapa langkah pemrosesan yang memakan waktu dan energi y menyiapkan makanan anjing komersial, diet makanan anjing mentah dianggap lebih ramah lingkungan, terutama bila menyiapkannya di rumah. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Memandikan Anjing Peliharaan 

Singkirkan bahaya makanan olahan

Manfaat makanan anjing mentah lainnya adalah menyingkirkan bahaya makanan olahan. Banyak penarikan makanan anjing adalah hasil dari pemrosesan yang tidak tepat dan langkah-langkah keamanan di pabrik yang memproduksi makanan ini.

Mengolah makanan anjing sendiri membatasi kemungkinan memberi anjing makanan yang telah tercemar oleh praktik produksi yang tidak aman.

Meminimalkan bau mulut

Karena gula berlebihan dan masalah pencernaan umum dapat menyebabkan bau mulut anjing, diet makanan anjing mentah memiliki peluang untuk mengurangi atau menghilangkan napas anjing secara keseluruhan. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Virus Rabies yang Menyerang Anjing dan Kucing 

Kotoran lebih kecil dan kurang bau

Terakhir, manfaat makanan anjing mentah adalah kotoran anjing lebih kecil dan baunya lebih ringan.

Penganut diet makanan anjing mentah mengklaim bahwa tanpa bahan pengisi yang digunakan dalam banyak makanan anjing olahan, anak anjing mereka menghasilkan kotoran lebih sedikit serta bau lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hepper
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com